Alex Relakan Griya Agung dan Rumah Pribadinya Jadi Homestay Selama Asian Games


KORDANEWS – Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin akan menyiapkan Guest House hingga rumah dinas dan pribadi miliknya untuk dijadikan homestay bagi para tamu wisatawan dan delegasi dari luar negeri yang akan menyaksikan pertandingan Asian Games di Palembang.

Dari perhitungan Kementerian Pariwisata, saat Asian Games berlangsung di Jakarta-Palembang nantinya akan ada 170.000 wisatawan mancanegara yang datang. Sebanyak 20-30 persen atau sekitar 50.000 orang dipastikan akan mengunjungi Sumsel.

Hal ini menyebabkan hotel yang tersedia telah mencapai kapasitasnya untuk dijadikan tempat menginap bagi para wisatawan. Untuk itu Alex bersedia agar rumahnya dijadikan tempat penginapan dan juga sebagai penambahan homestay di Sumsel.

“Memang full booking jelang Asian Games. Kami pun sudah tambah lagi Homestay-nya,” ujar Alex.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya pun telah mengingatkan jika Sumsel sebagai tuan rumah tak memiliki cukup kamar hotel untuk menampungnya. Sehingga solusi yang paling cepat adalah penyediaan homestay.

“Sudah saya hitung disini jumlah kamar ada sekitar 30.000. Nah, jika yang datang 50.000 tentu tak cukup. Memang ada pengecualian karena 50.000 yang datang mungkin tak datang bersamaan. Tetapi saya tetap mengimbau untuk sediakan homestay karena ini cara yang paling cepat,” jelasnya.

Menpar mengungkapkan hingga saat ini hanya ada kurang dari 10 homestay yang terdaftar di Kemenpar. Ia pun mengimbau agar jumlah homestay ini untuk terus ditambah sesegera mungkin mengingat Asian Games yang tinggal hitungan hari.

“Tapi jumlah ini tak begitu langsung saya percaya, karena saya yakin bisa lebih dari 10 hingga ratusan Homestay yang bisa disediakan di sini,” jelasnya.

Multiply effect lainnya dari adanya Asian Games adalah pergerakan ekonomi yang begitu luar biasa. Bagaimana tidak, devisa yang beredar selama Asian Games secara nasional saja bisa mencapai Rp 3 triliun dan Rp1 Triliun yang akan beredar di Sumsel.

Baca Juga :   Sumsel Sabet Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik II se-Indonesia

“Ini momen yang sangat langka dan rugi besar bagi pengusaha jika tak pasang iklan di momen sport event seperti ini. Karena ini cara cerdik untuk mengalokasikan pada momentum yang tepat,” ujarnya. (Ab)

Editor: Janu

alex noerdin Asian games griya agung homestay

Posting Terkait

Tinggalkan pesan