Home Advertorial Gubernur Alex Noerdin Jadi Narasumber ZEV Summit di Birmingham Inggris

Gubernur Alex Noerdin Jadi Narasumber ZEV Summit di Birmingham Inggris

Gubernur Sumsel Alex Noerdin kembali menunjukkan prestasinya di kancah internasional. Kali ini gubernur kebanggaan masyarakat tersebut mengangkat nama baik Sumsel pada event bergengsi Zero Emission Vehicle Summit di Kota Birmingham Inggris, Selasa (11/9).

Pada event Zero Emission Vehicle Summit itu mantan Bupati Muba tersebut diundang untuk berpidato oleh Departement for Transportation dan Departement for Business, Energy dan Industry pemerintah United Kingdom.

Adapun Zero Emission Vehicle Summit ini sendiri merupakan suatu forum yang khusus memperkenalkan penggunaan kendaraan nol emisi. Kegiatan ini juga mempertemukan para pengusaha mobil yang terkenal di dunia seperti Jaguar, Toyota dengan para pengambil kebijakan dari berbagai negara. Event ini dibuka oleh Perdana Menteri Inggris.

Di antara puluhan gubernur lainnya di Indonesia, Alex dinilai oleh Pemerintah Inggris sebagai pemimpin dari Indonesia yang mempunyai pemikiran jauh ke depan forward thinking leader yang proaktif untuk mengimplementasikan Paris Agreement CoP21 2015.

Dimana dalam kesepakatan tersebut tertuang pada tahun 2030 banyak negara di dunia diharuskan untuk menggunakan kendaraan berbahan bakar energi baru terbarukan.

Selama hampir dua periode menahkodai Provinsi Sumsel, Alex dianggap banyak menghasilkan terobosan. Berkat kepemimpinannya kota Palembang bersama Jakarta sukses melaksanakan Asian Games.

Karena itu, meski sebentar lagi Alex akan mengakhiri jabatan gubernur, dia tetap menjadi salah satu gubernur yang diundang berbicara di depan forum. Hal itu tak lain karena Alex sangat support dalam hal memperkenalkan pentingnya penggunaan transport yang rendah emisi. Dimana pada Asian Games lalu, ia telah menelurkan ide untuk menggunakan hydrogen car dan pembelajaran hydrogen car kepada siswa-siswa di Sumsel.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan sangat berterimakasih atas undangan yang diberikan. Hal itu baginya merupakan penghargaan yang tak ternilai. Lebih jauh dikatakannya, Sumsel telah berkomitmen untuk menggunakan kendaraan hydrogen dengan mencari akses ke berbagai sumber di beberapa negara antara lain dengan pemerintah dna pihak swasta di Inggris.

“November 2017 lalu kami bersama Bupati Musi Banyuasin (Muba) telah mendeklarasikan komitmen penggunaan hidrogen car di gedung bersejarah Winston Churcil London. Dan bertemu dengan Rektor London Imperial Collage. Bahkan pada 10 Agustus 2018 lalu Bupati Muba bersama mitra dari Indonesia PT.Serbadinamik juga telah meluncurkan promosi penggunaan hidrogen car di London,” jelasnya.

Di hadapan peserta forum Alex tak segan memperkenalkan Provinsi Sumsel dan sejumlah kelebihannya, termasuk kesuksesannya menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018. Dalam sambutannya, pria yang baru saja merayakan hari lahirnya ke 68 pada 9 September lalu itu mengatakan bahwa Provinsi Sumsel sangat strategis karena terletak dijalur pelayaran internasional Selat Malaka dan merupakan “gerbang” utama Indonesia dan dekat dengan negara-negara sahabat seperti Malaysia dan Singapura.

Alex juga memaparkan guna menghadapi Paris Agreement CoP21 2015, pihaknya telah berkomitmen menurunkan emisi gas rumah kaca di sektor transportasi yakni dengan menggunakan kendaraan hidrogen. Di mana untuk sektor energi Indonesia diakuinya juga menargetkan penurunan emisi sebesar 11 persen pada tahun 2013 sebesar 1,699 juta ton Co2 dalam keadaan business ass usual menjadi 1,355 juta ton Co2 dengan berbagai intervensi dan kemampuan sendiri.

” Kami berharap para peserta forum yang ada bisa berkunjung ke Sumsel untuk melakukan kerjasama dalam penggunaan kendaraan hydrogen dan infrastruktur, financial, lembaga pendidikan dan usaha lainnya. Kami sangat berterima kasih ata sperhatian dan kerjasama denga pemerintah UK ini,” tutupnya.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here