Home Headline Gubernur HD : Zero Asap itu Bukan Hanya Saat Asian Games

Gubernur HD : Zero Asap itu Bukan Hanya Saat Asian Games

KORDANEWS- Gubernur Sumsel Herman Deru menegaskan, status zero asap di Sumsel bukan diprioritaskan selama Asian Games saja. Karena itu diapun meminta instansi terkait segera bergerak menanggulangi asap yang mulai terasa beberapa hari terakhir.

” Udara bersih itu kebutuhan masyarakat. Jadi zero asap itu bukan hanya sesaat untuk Asian Games saja,” jelasnya.

Oleh karena itu Herman Deru menginstruksikan kepada jajaran dinas terkait, dan satgas untuk tetap serius menanggulangi gangguan asap di Sumsel. Ia juga minta agar masyarakat di pedesaan dilibatkan. Hal itu ditegas HD dalam rapat bersama Wagub Sumsel Mawardi Yahya di Griya Agung, Sabtu (6/10) malam.

Kepala BPBD Sumsel ,Iriansyah pada saat Konferensi Pers, Minggu (7/10) mengatakan kondisi cuaca di Sumsel memang sedang kemarau panjang. Diakuinya hot spot meningkat di beberapa titik di Sumsel khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Banyuasin dan beberapa Kabupaten lainnya.

Lanjut Iriansyah, musim kemarau tahun ini agak lama bahkan menurut perkiraan BMKG diperkirakan sampai akhir Oktober. “Kita selaku Satgas hutan dan lahan tetap mengantisipasi tersebut dengan mengupayakan pemadaman hutan dan lahan baik dari darat maupun udara,”ujarnya.

Lanjut Iriansyah, karhutla baik darat dan udara dilakukan bersama-sama oleh BPBD, manggala agni, TNI/Polri serta stakeholder yang terkait. “Kita bersama-sama melakukan titik pemadaman darat dimana titik hotspot kita lakukan pemadaman,”tuturnya.

Selanjutnya, pemadaman udara, katanya dilakukan juga melalui helikopter, saat ini masih ada enam helikopter untuk pemadaman udara. “Alhamdulillah kebakaran hutan yang ada di Ogan Ilir khususnya jalan tol, Pegayut, Indralaya Utara, Rambutan Ogan Ilir, kemarin sudah padam hingga hari ini,”terangnya.

Begitu juga, helikopter water boombing masih terus memadamkan jika ada api. Dia menambahkan, terus dilakukannya pemadaman karhutla ini sesuai dengan arahan Gubernur Sumsel. “Karhutla kami tindak lajutkan bersama di lapangan dan kami lakukan pencegahan dan pemadaman di setiap titik api yang ada melalui darat maupun udara. Ini salah satu tindak lanjut dari satuan tugas yang dibentuk Gubernur Sumsel, saat masih terus berjalan,”terangnya.

Lanjut dia, sekarang kondisi cuaca cukup baik. Kemudian jarak pandang baik di Kota Palembang maupun di sekitaran bandara lebih dari 10 KM, jadi cukup baik. “Mari kita jaga wilayahnya, baik bupati, camat dan desa agar wilayah desanya tidak terbakar,” ungkapnya.

Rapat ini dihadiri Kepala BPBD Iriansyah, Kadishut, Pandji Tjahjanto, Kadis Pertanian, Erwin Noorwibowo, Kadis LH, Edward Chandra dan Staf Khusus Gubernur bid Perubahan iklim Najib Asmani.

editor : red

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here