Kejari Lubuklinggau Tetapkan 3 Tersangka Baru Kasus Dugaan Korupsi Gedung AKN


KORDANEWS – Setelah sebelumnya menetapkan dua tersangka dalam kasus pembangunan gedung Akademi Komunitas Negeri (AKN), yang berada di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Kini Kejaksaan Negeri Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan kembali menetapakan tiga tersangka baru.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Lubuklinggau Hj. Zairida mengatakan bahwa telah terjadi tindak pidana secara berjamaah, melakukan melawan hukum untuk memperkaya diri sendiri dan orang lain yang mengakibatkan kerugian negara.

Dilanjutkan Zairida pihaknya melakukan penyidikan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Kabupaten Muratara mengenai pembangunan gedung AKN tersebut, dibangun pada tahun 2016.

Dari penyelidakan yang dilakukan dikatakannya ada 35 orang diperiksa sebagai saksi, dari hasil pemeriksaan pihaknya menetapkan MH dan BR sebagai tersangka, dan keduanya sudah berhasil ditangkap.

“Dari hasil pengembangan dua tersangka tersebut, kami menetapkan kembali tiga tersangka baru,” katanya.

Ketiganya yakni FD pengguna anggaran, pejabat pelaksana teknis kegiatan FS, dan FI dari PT. Binduriang, selain itu pihaknya juga melakukan penyitaan dan pengembalian uang negara sebesar Rp.882.786.038,25, dan juga melakukan pemblokiran uang sebesar Rp.1.229.084.825.

Lalu, pihaknya juga telah menyita tiga surat tanah dari tanah seluas sembilan hektar. Kasus ini akan terus dilakukan penyelidikan, tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru.(era)

Editor : mahardika

linggau

Posting Terkait

Tinggalkan pesan