Home Headline Ceker Ayam Mampu Cegah Penuaan Kulit

Ceker Ayam Mampu Cegah Penuaan Kulit

KORDANEWS – Bagian kaki ayam atau biasa disebut ceker, sejatinya memang sudah lama menjadi salah satu bagian dari sejarah kuliner makanan di berbagai dunia.

Sebut saja seperti di benua Asia, mulai China, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, hingga Thailand adalah sedikit dari begitu banyak negara yang akrab memasukkan ceker ayam sebagai salah satu bagian kulinernya. Apalagi, beberapa negara memiliki cara spesial untuk menyiapkan ceker ayam sebagai hidangan.

Hidangan ceker ayam, biasanya dibuat dengan proses memasak yang simpel. Entah itu digoreng langsung, dimasukkan sebagai tambahan isi masakan berkuah seperti soto, sampai dibuat dengan bumbu saus pedas ala Korea Selatan.

Well, tak hanya enak dan didapatkan dengan harga relatif terjangkau. Ternyata, mengonsumsi kaki alias ceker ayam memiliki beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan, apalagi kalau bukan berkat komponen utama di dalamnya yakni kolagen, bunyi laporan Nextshark, Selasa (24/7/2018).

Disebutkan lebih lanjut, para peneliti di Departemen Ilmu Hewan Universitas Chung-Hsing Nasional di Taiwan menemukan bahwa kaki ayam itu kaya akan kandungan kolagen, yang mana seperti yang sudah kita banyak ketahui adalah komponen yang berkontribusi untuk membuat tampilan kulit tampak lebih muda.

Sementara itu, menurut National Library of Medicine, kolagen sendiri adalah protein yang paling melimpah di tubuh, terhitung hampir seperempat dari total massa protein, di mana berfungsi untuk memberikan kekuatan untuk tulang, ligamen, tendon, dan struktur untuk menyembuhkan luka kulit.

Eits, tak hanya sampai situ. Dikatakan juga, ceker bukan hanya sumber kolagen yang baik tetapi juga kaya asam hyaluronic dan chondroitin sulfate, yang keduanya memberikan manfaat bagi kesehatan. Asam hyaluronic memiliki peran penting dalam mempertahankan kelembapan kulit, yang pada akhirnya membantu mencegah terjadinya penuaan kulit.

Di sisi lain, chondroitin sulfate adalah karbohidrat kompleks yang membantu tulang rawan menahan air. Dengan demikian, maka berperan dalam pengobatan osteoarthritis dan masalah sendi lainnya. Bahkan, menariknya, seorang dokter hewan bernama Harry Robertson juga mempelajari potensi ceker ayam untuk meregenerasi neuron, tulang, otot, dan jaringan, di mana hasil dari penelitian ini adalah produk penyembuhan luka yang disebut Revital, yang akhirnya ditarik dari pasar oleh FDA atas kontaminasi bakteri.(okezone)

Editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here