Home Ekonomi Bank Dunia Bakal Sentuh Perkembangan PAUD di OKI

Bank Dunia Bakal Sentuh Perkembangan PAUD di OKI

KOEDANEWS – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi salah satu faktor yang sangat mendukung untuk perkembangan sosio-emosional dan kognitif bagi anak. Hal ini sebagaimana diungkapkan perwakilan Bank Dunia (World Bank), Titi Hardianti saat berkunjung ke Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Senin (29/10).

Menurutnya, anak-anak yang mendapatkan pendidikan usia dini, memperlihatkan perkembangan yang lebih baik dibanding dari anak-anak yang tidak mendapatkan layanan tersebut. Untuk itu, pelayanan pendidikan usia dini perlu ditingkatkan.

“Peningkatan kualitas layanan pendidikan usia dini di desa, akan membantu pemerintah mencerahkan masa depan generasi mudanya, terutama untuk mereka yang tinggal di daerah pedesaan,” kata Titi.

Lanjut Titi, terpilihnya OKI, menjadi salah satu daerah penerima program peningkatan pelayanan PAUD yang merupakan kerjasama antara pemerintah pusat dengan Bank Dunia. Pada program ini, para guru PAUD akan mendapatkan pelatihan berstandar nasional.

Program baru ini merupakan gabungan tiga program pemerintah, yaitu: program Generasi Sehat Cerdas di bawah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD); dan program peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI, sendiri menyambut baik program yang akan mereka dapatkan ini. Sekretaris Daerah (Sekda) OKI, H Husin menjelaskan, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sejak usia dini memang menjadi prioritas Pemkab OKI, melalui salah satu programnya program 1 desa 1 PAUD yang telah direalisasikan pada tahun 2016 lalu.

Husin beranggapan, Pemkab OKI memang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk peningkatan kualitas Pendidikan maupun kesejahteraan guru PAUD. “Terwujudnya program satu desa satu PAUD ini juga mendapat dukungan dari dunia usaha atau yang ada di Kabupaten OKI, seperti PT OKI Pulp yang juga banyak membantu,” bebernya.

Dirinya berharap, adanya dukungan dari Bank Dunia ini dapat lebih meningkatkan kualitas PAUD yang ada di Kabupaten OKI (khususnya). “Tentu ini sangat membantu dan kami berharap, ini terus berkelanjutan ke bidang lain seperti kesehatan maupun sanitasi layak bagi masyarakat,” tandasnya.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here