Home Headline Siaga Longsor, BBPJN tempatkan Alat Berat di beberapa Ruas Jalan

Siaga Longsor, BBPJN tempatkan Alat Berat di beberapa Ruas Jalan

KORDANEWS – Memasuki musim penghujan diakhir tahun ini beberapa daerah di Sumsel menjadi sorotan bencana alam seperti tanah longsor.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Badan Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V Sumatera Selatan (Sumsel) telah menyiapkan alat berat di setiap daerah yang rawan longsor.

“Ada beberapa alat berat kita sediakan di setiap ruas, alat tersebut diantaranya, Ekskavator, Dump Truk, Back Holder, Loader dan Grader, alat berat itu juga kita kerjasama dengan pihak milik PUPR ataupun kontraktor “ujar Kepala BBPJN Wilayah V Sumsel, Sofyan, Kamis (8/11).

Beberapa wilayah yang menjadi sorotan pihaknya terhadap bencana tanah longsor, diantaranya PJN 1 Sekayu Mangun Jaya, PJN 2 Sugiwaras Baturaja, dan PJN 3 Prabumulih Beringin Baturaja.

Namun Sofyan mengungkapkan bahwa ada delapan titik yang menjadi rawan, tetapi ketiga titik tersebut menjadi titik yang paling rawan terkena longsor dan banjir dikarenakan berdekatan dengan sungai.

“Bukan berarti titik yang lain aman, kita juga mengantisipasinya, namun ketiga yang berdekatan sungai tersebut menjadi konsentrasi kita, “ungkapnya.

Selain itu, Tim satgas akan turun saat longsor akan terjadi di jalan yang bukan berstatus jalan Provinsi dan Kabupaten.

“Kami tidak memandang status jalannya kalu rusak akibat longsor akan kami bergerak cepat untuk menangani tersebut, dan Tim yang disiapkan dari Satker masing-masing, “ucapnya.

Mengenai anggaran tanggap darurat bencana untuk tahun ini, dirinya mengakui bahwa hal tersebut sudah disiapkan.

“Ketika ada bencana dana tanggap darurat akan kita gunakan dalam bencana itu, untuk nilainya kita lupa, “jelasnya. (Ab)

Editor : Chandra Baturajo.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here