Ingin punya anak Cerdas? Ayah bunda mesti lakukan hal ini


KORDANEWS – Seringkali orang dibuat heran dengan pemberitaan anak orang biasa, seperti tukang becak, tukang kebun, bisa lulus sekolah dengan nilai terbaik hingga bisa sekolah di luar negeri dengan beasiswa penuh.

Sebenarnya tak perlu heran jika mengetahui apa saja yang memengaruhi kecerdasan seseorang. Bukan karena dia anak siapa, namun ada faktor penentu lainnya. Ahli nutrisi Prof. DR. Ir. Ali Khomsan, M.Si mengatakan, ada tiga hal penting yang memengaruhi kecerdasan anak, yakni nutrisi, lingkungan dan genetik.

“Tentang genetik ini ahli mengatakan pengaruhnya hanya 5 persen. Makanya banyak orang tua biasa saja, anaknya berprestasi,” kata dia pada acara peluncuran program ABC Sobat Cerdas di Jakarta Pusat.

Lebih lanjut Ali menjelaskan bahwa kecerdasan otak untuk berpikir sebagian besar tersusun dari lemak. Dan kunci penting untuk bisa membuat anak cerdas adalah dengan memberi nutrisi asam lemak yang baik.

Ada beberapa sumber nutrisi yang diperlukan otak, salah satunya adalah omega 3 yang dipercaya menjadi salah satu sumber terbaik untuk kecerdasan otak. Dan omega 3 bisa didapatkan dari ikan, dan ikan yang terbaik adalah ikan dari laut dalam.

“Ikan air tawar dan ikan laut baik untuk gizi, tapi untuk perkembangan otak, ikan laut punya lebih banyak kelebihan. Selain itu, juga stimulus di sekolah seperti PAUD, SD,” ujarnya. Seperti dikutip dari Vivanews

editor : Chandra Baturajo.

anak Parenting

Posting Terkait

Tinggalkan pesan