Home Sumsel Satlantas Polres OKI Ciptakan Kondisi Tertib Berkendara

Satlantas Polres OKI Ciptakan Kondisi Tertib Berkendara

KORDANEWS – Kepolisian Resort (Polres) Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Satuan Lalulintas terus berupaya menciptakan kondisi yang tertib dalam berkendara di jalan umum.

Seperti yang dilakukan oleh Kasat Lantas AKP Ricky Nugraha SIk, dengan memberi dan memakaikan helm pada anak-anak yang ikut berkendaraan bersama orang tuanya.

Kasat Lantas Polres OKI, AKP Ricky Nugraha SIk didampingi Kanit Patwal, Iptu Sadikin dan Kanit Laka, Ipda Trisapto menuturkan pentingnya memberikan pemahaman sejak dini kepada anak-anak, mengenai kesadaran dan ketertiban dalam berlalulintas.

“Banyak pengendara khususnya sepeda motor yang membawa anak, tanpa menggunakan helm. Padahal helm penting untuk keselamatan anak itu sendiri,” ungkap AKP Ricky Nugraha.

Menurutnya, dengan memberikan pemahaman sejak dini, kedepan jika sang anak sudah dewasa akan teringat jika kala itu dirinya diberi dan dipasangkan helm oleh Polantas, dengan tujuan agar bagian kepala terlindungi jika terjadi kecelakaan.

“Kegiatan ini sebagian daripada Operasi Zebra, jadi bukan hanya melakukan tindakan penilangan, namun kita juga melakukan pembinaan dan arahan serta bantuan dengan cara membagikan helm khusus bagi anak-anak di usia dini,” tandasnya.

Terkait jumlah helm yang dibagikan, sesuai dengan kendaraan yang melintas membawa anak yang tidak menggunakan helm yang dibagikan secara cuma-cuma alias gratis.

“Karena terlalu banyak yang tidak menggunakan helm, kami hanya mengevaluasi dan memberikan teguran kepada orang tua agar dalam berkendara baik tua maupun muda, apalagi anak-anak diwajibkan pakai helm guna keselamatan,” tukasnya.

Salah satu pengendara Dewi (29), warga Kayuagung mengaku kaget ketika kendaraannya yang melintas di simpang empat lampu merah Polres OKI dihentikan banyak petugas, yakni polisi berseragam lengkap.

“Saya cemas ketika motor saya dihentikan. Eh ternyata saya hanya diberikan peringatan agar anak yang saya bonceng diminta pakai helm,” aku Dewi sembari berterimakasih atas perhatian dan keperdulian Polantas OKI.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here