Pelabuhan TAA Belum Hasilkan PAD untuk Pemprov

33 views

KORDANEWS – Pelabuhan Tanjung Api – Api (TAA) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang telah diidam-idamkan untuk menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) ditinjau Gubernur Sumsel H Herman Deru, Senin (12/11).

Dirinya mengungkapakan bahwa Proyek pelabuhan ini yang sudah dibangun lebih dari 10 tahun, hingga kini belum menunjukan hasil apapun untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, bahkan untuk masyarakat.

“Sampai saat ini Rp 5 perak pun belum ada yang dihasilkan pelabuhan ini untuk PAD,” ungkapnya.

Deru mengatakan untuk Pembangunan pelabuhan TAA yang belum menunjukan hasil ini telah menelan dana APBN sebesar 200 Miliar, ditambah lagi dana APBD yang dikeluarkan untuk pembangunan sejumlah pergudangannya.

“Jangan sampai karena tidak mempunyai keberanian fasilitas yang ada ini menjadi tidak termanfaatkan,” katanya.

Menurutnya, ada kendala yang dialami Pelabuhan TAA , yakni tingkat kedalaman yang kurang memenuhi syarat untuk kapal besar dapat merapat, kemudian juga panjang fasilitas sandar kapal yang dinilai masih kurang.

“Kalau kurang dalam dan panjang maka akan kita benahi, yang penting pembangunan pelabuhan ini jangan sampai mubazir,” katanya.

Kemudian, masalah infrastruktur dari Palembang untuk menuju lokasi pelabuhan juga belum begitu baik. Bahwa, jalan Tanjung Api-Api sendiri sudah dibangun dari tahun 1991 tujuanya untuk menujang keberadaan pelabuhan.

“Cita-cita besar para gubernur terdahulu agar pelabuhan ini dapat bermanfaat akan saya wujudkan. Hingga nantinya bisa menampung kebutuhan ekspor dan impor di Sumsel,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya akan mengajak invenstor maupun pengelola pelabuhan untuk melakukan pendalaman kembali atau mengangkat sedimentasi sehingga nantinya kapal dengan ukuran tertentu dapat bersandar di Pelabuhan TAA ini.

“Pengerukan itu tidak hanya dilakukan sekali tapi setiap saat, kalau bisa jangan menggunakan APBD,” ujarnya. (Ab)

Baca Juga :   Tak Ada Gambut, Amdal KEK TAA Rampung

editor : awan

TAA

Posting Terkait

Tinggalkan pesan