Waspada Palembang Akan Diguyur Hujan Selama Tiga Hari Tiga Malam

50 views

KORDANEWS – Musim hujan dan banjir menjadi langganan Kota Palembang. Genangan air, akan berlimpah usai terjadi hujan yang cukup lama.

Hal tersebut dipengaruhi oleh cuaca dalam sepekan kebelakang yang diwarnai oleh awan gelap dan hujan deras disertai kilat dan petir.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memonitoring dan menganalisis kondisi cuaca dalam sepekan terakhir menunjukkan adanya peningkatan kejadian cuaca signifikan dimana hujan lebat, sangat lebat di sebagian wilayah Indonesia yang berdampak genangan, banjir, longsor dan banjir bandang.

Menurut Kasi Informasi dan Data BMKG Kenten Palembang, Nandang mengatakan sesuai prediksi BMKG sampai satu minggu kedepan cuaca di Kota Palembang akan diterpa cuaca buruk.

“Kondisi cuaca dalam sepekan terakhir menunjukkan adanya peningkatan kejadian cuaca signifikan dimana hujan lebat terjadi di sebagian wilayah Indonesia yang berdampak genangan, banjir, longsor, dan banjir bandang,” ungkapnya, Selasa (13/11).

Lanjutnya, dalam satu pekan ke depan berdasarkan pantauan dan analisis menunjukkan curah hujan dengan intensitas lebat masih berpeluang terjadi yang dapat berpotensi mengalibatkan bencana Hidrometeorologi antara lain; genangan, banjir, longsor, banjir bandang, dan puting beliung. Kondisi cuaca seperti ini dipicu oleh adanya aktifitas aliran massa udara basah (fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO)) dari Samudera Hindia sebelah barat Sumatera yang menuju ke wilayah Indonesia terutama Indonesia bagian barat dan tengah yang menyebabkan kondisi atmosfer wilayah tersebut sangat basah.

“Saat ini kami sampaikan , Sesuai Prediksi BMKG yang telah disampaikan, peringatan dini cuaca buruk masih akan berlangsung hingga 3 hari kedepan, ” ujarnya.

Untuk itu, BMKG menghimbau masyarakat Sumatera Selatan dan Khususnya Kota Palembang yang tinggal ditempat-tempat rawan, agar berhati-hati.

“Untuk masyarakat yang tinggal disepanjang daerah aliran Sungai dan dataran landai/rendah di Sumsel yang berpotensi kelebihan Air saat Musim Hujan, untuk berhati-hati dan mewaspadai saat terjadi Hujan disertai Petir dan Angin Kencang. Lalu hindari tempat-tempat yang rawan roboh akibat Angin Kencang dan kegiatan yang mudah tersambar Petir, serta bagi pengendara patut mewaspadai kondisi jalan yang licin dan banyak pohon besar yang sudah berusia tua,” jelasnya. (Ab)

Baca Juga :   Palembang Diguyur Hujan, Cuaca Masih Kabur

Editor Chandra Baturajo.

cuaca

Posting Terkait

Tinggalkan pesan