Selain PNS, Ini Pekerjaan Pilihan Generasi Milenial

29 views

KORDANEWS – Akhir September lalu, pemerintah membuka lowongan Pegawai Negeri Sipil atau PNS, untuk mengisi posisi di beberapa kementerian dan instansi.

Di akhir masa pendaftarannya, jumlah pelamar CPNS 2018 mencapai 4,2 juta orang untuk mengisi 238.015 posisi di pusat dan daerah. Meskipun ramai peminat, kuota yang disediakan pemerintah belum mampu menampung seluruh pendaftar.

Akibatnya, beberapa pendaftar terpaksa mengubur mimpinya menjadi PNS, karena gagal melampaui passing grade yang ditentukan oleh instansi terkait. Seperti yang telah ditetapkan pemerintah, rentang usia pendaftar CPNS 2018 adalah 18 – 35 tahun.

Menurut penelitian Pew Research Center, seperti dikutip dari Niagahoster, Rabu 14 November 2018, rentang usia ini, atau yang lahir di tahun 1981 – sekarang, tergolong generasi milenial dan post-milenial. Meskipun gagal di CPNS, sebetulnya ada banyak peluang pekerjaan lain yang dapat menjadi pilihan bagi milenial. Apa saja pilihannya?

Bekerja di perusahaan start-up

Generasi milenial yang akrab dengan penggunaan teknologi, tentu familiar dengan istilah start-up. Secara umum, perusahaan startup dipahami sebagai perusahaan rintisan yang memanfaatkan internet dan teknologi sebagai solusi bagi sebuah permasalahan masyarakat.

Perusahaan startup rata-rata dimulai dari sebuah keinginan dari pemilik startup, untuk menghadirkan solusi yang efektif dan efisien dengan aplikasi atau platform online.

Dengan semakin menjamurnya perusahaan startup di Indonesia, peluang kerja di sanapun makin banyak dan terbuka lebar. Berbagai posisi mulai dari software engineer, search engine optimization (SEO) specialist, hingga digital marketer ditawarkan oleh perusahaan startup.

Perusahaan startup juga memberikan ruang untuk para pekerjanya bereksplorasi dan berinovasi untuk membangun startup bersama-sama. Sangat cocok dengan karakter generasi milenial yang menyukai perubahan dan inovasi.

Baca Juga :   Stand Up Comedy Pikat Kaum Milenial Menjadi Profesi

Jadilah entrepreneur!

Tidak seperti di era konvensional, di mana membuka bisnis harus memiliki toko dan stok barang terlebih dahulu. Di era digital, memiliki bisnis semudah membuka lapak di marketplace, membuat akun media sosial, dan membangun kehadiran online melalui website.

Data dari Statista memprediksi pembeli digital (digital buyer) di Indonesia mencapai 39,2 juta pada 2020. Seiring dengan gaya hidup masyarakat yang gemar berbelanja secara online, membuka bisnis online dapat menjadi pilihan tepat!

Pilihan industri bisnis yang populer di kalangan generasi milenial dan anak-anak mudapun beragam, mulai dari fashion, gadget, hingga kuliner. Aspek penting untuk menjaga stabilitas bisnis online adalah dengan membangun brand atau citra perusahaan yang dapat dikenal oleh masyarakat.

Salah satu perusahaan web-hosting, Niagahoster mengungkapkan, di era sekarang website dapat menjadi sarana yang baik untuk membangun brand. Data dari Verisign yang dimuat di laman Niagahoster juga menyebutkan, 60 persen pemilik bisnis mengungkapkan, website adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis.

Beberapa brand ternama seperti Bro.do, Erigo Store, Bukupedia, dan Babyzania adalah contoh
bisnis online yang berhasil, tidak hanya dalam menjual produknya, tetapi juga membangun brand hingga dikenal oleh masyarakat luas. Ada yang tertarik menjadi entrepreneur?

Kerja di perusahaan BUMN

Pilihan bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menjadi pilihan yang menarik bagi generasi milenial. Berbeda dengan startup, bekerja di BUMN menjanjikan jenjang karir yang relatif lebih jelas sesuai dengan periode dan tahapan-tahapan tertentu.

Bekerja di BUMN juga diminati, karena merupakan perusahaan-perusahaan terkenal yang mengatur sektor penting di Indonesia, seperti migas, telekomunikasi, pertanian, pertambangan, dan lain-lain.

Menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0, BUMN saat ini juga sedang melakukan digitalisasi di berbagai lini untuk meningkatkan engagement dengan generasi milenial.

Baca Juga :   Stand Up Comedy Pikat Kaum Milenial Menjadi Profesi

Beberapa langkah digitalisasi yang dilakukan BUMN antara lain, dengan hadir di media sosial, proses rekrutmen melalui platform online, hingga melakukan perbaikan budaya perusahaan. Bagi generasi milenial yang menyukai bekerja dengan birokrasi yang teratur, jenjang karir yang terukur, dan sistem kerja karyawan kantoran, BUMN dapat menjadi pilihan yang tepat.

Editor : Chandra Baturajo.

milenial

Posting Terkait

Tinggalkan pesan