AC Mobil Tak Terasa Sampai Jok Belakang ? Ternyata Ini Masalahnya


KORDANEWS – Sebagian pemilik mobil pasti pernah mengalami AC yang tak terasa sampai jok belakang. Ternyata kasus ini terindikasi mobil mengalami masalah.

Sebagai pemilik mobil, Anda tentu wajib mengetahui apa masalah yang mendera. Seperti dilansir situs resmi Nissan, Senin 12 November 2018, ada beberapa penyebab masalah di atas bisa terjadi.

Pertama yakni freon mulai habis. Selain lamanya pemakaian, freon yang tidak awet dikarenakan pemakaian kendaraan yang tidak teratur. Misalnya menyalakan AC sambil membuka jendela mobil. Selain itu, kebocoran menyebabkan freon cepat habis. Beberapa kebocoran terkadang ditemukan pada sambungan pipa AC atau pada seal shaft compressor-nya.

Kedua, yakni masalah fan belt AC putus. Putusnya fan belt AC bisa menyebabkan AC ikut tidak dingin. Hal ini dikarenakan sabuk atau belt ini berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor.

Ketiga radiator kotor. Debu adalah salah satu masalah yang seringkali menyebabkan kondisi mesin, terutama radiator dan kondensor menjadi kotor sehingga kinerjanya akan berkurang. Kotoran-kotoran tersebut menyebabkan mesin AC berkarat dan pembuangan panas menjadi tidak maksimal. Dampaknya, freon yang dibutuhkan harus lebih tinggi sehingga kinerja kondesor tidak sempurna.

Keempat yakni overheat pada sistem AC. Overheat bisa terjadi apabila tekanan dalam sistem AC terlalu besar. Tekanan yang besar dapat menyebabkan putusnya magnetic clutch atau bisa juga menyebabkan terputusnya arus listrik menuju field coil sehingga body kompresor tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Editor : Chandra Baturajo.

berkendara tips

Posting Terkait

Tinggalkan pesan