Uji Coba Kartu Nikah Dilakukan Pada Akhir Tahun


KORDANEWS – Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan memastikan kartu nikah akan di uji coba pada akhir tahun ini. Penyebaran kartu nikah ini sendiri nantinya tidak langsung keseluruhan wilayah di Sumsel melainkan hanya di Palembang dan Lubuk Linggau.

Humas Kemenag Sumsel, Saefuddin mengatakan, untuk jumlah kartu nikah yang datang pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah tahap awalnya. Meskipun demikian, untuk stok buku nikah yang datang ke Palembang biasanya mencapai 65 ribu buku nikah per tahunnya .

“Ya, untuk jumlah pastinya kita belum tahu tetapi untuk jumlah buku nikah biasanya yang datang itu sekitar 65 ribu buku nikah,” kata Saefuddin, Kamis (15/11).

Saefuddin menjelaskan, akta nikah berbentuk buku tetap masih berlaku untuk disimpan di rumah, tetapi ada tambahan kartu dalam bentuk id card untuk dibawa kemana-mana, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Sehingga ketika berpergian dapat diidentifikasi, ketika bersama bukan pasangannya akan ketahuan,” jelasnya.

Dengan adanya kartu nikah ini dapat mempermudah pencatatan, registrasi dan memantau pernikahan setiap warga negara di mana, kapan dan seterusnya.

“Kemenag sangat serius membenahi peristiwa pernikahan di tengah masyarakat dan sangat prihatin terhadap angka kekerasan dalam rumah tangga serta perceraian yang semakin tinggi,” tukasnya. (Ab)

editor : awan

No related post!

Tinggalkan pesan