Home Sumsel Bapenda Sumsel Bakal Luncurkan Aplikasi Samsat

Bapenda Sumsel Bakal Luncurkan Aplikasi Samsat

KORDANEWS—- Untuk keamanan dan kemudahan dalam mengakses data-data yang ada dan menutup kecurangan di Samsat. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) membuat aplikasi Samsat.

Kepala Bapenda Provinsi Sumsel, Neng Muhaiba mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan sosialisasi terhadap aplikasi tersebut kepada 21 Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Samsat yang ada di Sumsel

“Aplikasi ini terbilang baru untuk itu kita mensosialisasikan kepada UPTB yang ada di Sumsel, “katanya.

Selain itu, untuk bisa mewujudkan hal ini Bapenda di suport oleh Bank Sumsel Babel. Jadi yang memfasilitasi terbangunnya Aplikasi Samsat ini Bank Sumsel Babel. Untuk saat ini dalam tahap proses pembangunan Aplikasi Samsat.

“Aplikasi Samsat ini rencananya akan dilaunching Februari 2019 mendatang. Semoga tidak ada kendala dan lancar. Hal ini perlu kami lakukan lantaran untuk meng up grade sistem terdahulu yang sudah eror/down, makanya kami kembangkan melalui Aplikasi Samsat ini,” jelasnya.

Neng pun dengan semangatnya menceritakan kunggulan Aplikasi Samsat ini diantaranya semuanya nanti bisa dilihat online, misalkan tadinya pajak non samsat yang masih manual ketika sudah bayar harus diinput lagi, maka nantinya ketika sudah bayar akan langsung terpantau online juga melalui Aplikasi Samsat ini.

Lalu dalam hal pengoperasionalannya lebih mudah, lebih familiar, aman dan susah untuk ditembus. Kemudian juga untuk menghindari kebocoran data, karena sapa yang bermain curang akan terlihat dari lock penggunaan aplikasi ini. Jadi dengan adanya Aplikasi Samsat ini bisa menutup kecurangan-kecurangan yang ada.

Sementara itu terkait sosialisasi Aplikasi Samsat ini diikuti 21 UPTB di 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel. Masing-masing UPTB mengirimkan tiga orang perwakilan. Setelah diberikan sosialisasi nantinya akan ada pelatihan-pelatihan lanjutan sampai peserta faham dan mengerti. (Ab)

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here