Kain Tradisional Khas Palembang Mulai Digandrungi Kalangan Milenial

38 views

KORDANEWS — Berbagai ragam jenis kain khas Kota Palembang, mulai dari kain songket yang sudah populer, hingga kain Jupri dan kain Jumputan saat ini tengah digandrungi oleh anak milenial. Pilihan ragam jenis yang penuh warna menjadi daya tarik kain khas Kota empek-empek tersebut.

Dengan menggunakan kain Jupri dan kain Jumputan yang sudah menjadi ciri khas kain asal Kota Palembang. Berdesain elegan, dengan motif yang Indah, membuat siapa saja yang menggunakannya tidak sungkan untuk memamerkan keindahan kain tersebut.

Menurut salah satu pengusaha kain khas Palembang sekaligus desainer, Riska Diansari, kain Jumputan dan Kain Jupri merupakan kain ciri khas Kota Palembang. Menurutnya kain Jumputan dan Jupri tidaklah kalah dengan Songket, hanya saja songket memang lebih dikenal oleh masyarakat. Dari situlah dirinya ingin mengangkat kain traditional Palembang menjadi baju yang Indah dan bernilai.

“Ada dua jenis kain Jumputan dan Jupri. Saya melihat peluang bahwa sebenarnya kedua kain tersebut sangat Indah jika dijadikan baju. Apa lagi jika dipadukan dengan Songket Palembang akan lebih berpadu lagi,” ungkap Riska.

Perpaduan antara kain Jupri dan Jumputan memiliki karakteristik warna yang Indah dengan berbagai bentuk motif. Proses pembuatannya pun beragam dari manual hingga menggunakan mesin.

“Kalau Jumputan pembuatanya masih secara manual pake keahlian tangan dan pembuatannya lebih memakan waktu. Berbeda dengan kain jupri yang pembuatannya sudah bisa menggunakan prosesnya cap,” ujarnya.

Jumputan atau yang dikenal juga dengan kain pelangi, dibuat dengan cara menjumput kain yang telah diisi biji-bijian atau motif yang telah dilukis sebelumnya pada bahan dasarnya.

“Jumputan punya warna dan motif khas tersendiri. Menjumput seperti menambahkan sentuhan warna pelangi yang menandakan banyaknya perpaduan budaya di Kota Palembang yaitu, budaya Jawa, Melayu dan Tionghoa,” jelasnya. (Ab)

Nama: Qisya Jumputan

Owner: Riska Diansari

Contact Person: 081271171132

Instagram: qisyajumputan

Alamat: Jalan Mahameru Perum Green Mansion Blok A2 RT 09 RW 03, kelurahan 16 Ulu, kecamatan SU1, Kota Palembang.

editor : awan

No related post!

Tinggalkan pesan