Home Ekonomi Menteri LHK Bakal Rapikan Konflik Terkait Hutan Sosial

Menteri LHK Bakal Rapikan Konflik Terkait Hutan Sosial

KORDANEWS – Merapikan konflik hutan sosial dengan mengembalikan tanah hutan yang sudah ditanam lagi, hal itu tentunya tidak gampang terutama di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Untuk itu Pemerintah Pusat, dalam hal ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengatakan bahwa saat ini dengan optimis dapat merapikan kembali hutan sosial sehingga tidak menimbulkan konflik.

“Saya sebagai penanggung jawab teknis hutan sosial beserta jajaran yang terkait sangat optimis merubah hutan sosial dengan cara merapikannya kembali, “katanya, Senin (21/11).

Dirinya pun juga bercita-cita 12,7 juta hektar dapat diseleaikan. Namun, yang baru diselesaikan baru 2,2 juta hektar. Dirinya juga menargetkan ditahun 2019, pihaknya dapat memberikan akses hutan sosial sebanyak 3,5 juta hektar kepada masyarakat.

“Jika lebih banyak maka lebih bagus tentunya,” jelasnya.

Selain itu kunjungan kerjanya (Kunker) di Palembang untuk mengecek terlebih dahulu ke lapangan serta untuk meyakini Presiden Repbulik Indonesia (RI) bahwa hutan sosial itu bagus.

“Presiden RI, Joko Widodo berencana untuk melakukan kunjungan kerja di Sumsel. Dalam kunjungan ini Calon Presiden nomor urut dua ini akan menyerahkan keputusan tentang akses hutan sosial kepada masyarakat di Sumsel, “ungkapnya.

Nantinya, dalam lawatan Presiden RI ini akan diserahkan keputusan tentang akses hutan sosial seluas 50 ribu hektar untuk 10 ribu Kepala Keluarga (KK) dari 10 kabupaten di Sumsel.

“Ini hutan sosial untuk diakses selama 35 tahun,”singkatnya. (Ab)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here