Demoday Technopark Teknologi Informasi SMKN 1 Muara Enim Diresmikan, Ini Targetnya

101 views

KORDANEWS – Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, yang diwakili Kabid Pembinaan SMK, Erlina, meresmikan demoday Technopark Teknologi Informasi, SMKN 1 Muara Enim, Kamis (20/12/2018).

Tecknopark merupakan cara pembelajaran baru yang ada di SMK. Kalau biasanya SMK hanya berkutat mengenai kompetisi keahlian dan alat praktek, namun kini lebih luas lagi mengenai revitalisasi dan teaching factory.

“Jadi melalui technopark, anak-anak diajari untuk membuat inovasi yang kemudian dibiayai untuk mengembangkannya,” kata Erlina.

Dia mengapresiasi lima inovasi yang telah diciptakan oleh siswa SMKN 1 Muaraenim. Dirinya berharap stakeholder ikut andil untuk mengembangkan inovasi dari siswa tersebut.

Kiki Sudiana, perwakilan dari Bandung Technopark yang turut hadir pada acara itu turut mengapresiasi inovasi yang dihasilkan technopark SMKN 1 Muara Enim. Menurut Kiki, konsep utama technopark ialah inkubasi startup.

Startup yang dimaksud, lanjutnya, yakni para wirausahawan yang berbasis teknologi dan bernilai inovasi seperti yang dilakukan oleh anak-anak SMK.

“Kita lihat disini, anak-anak SMKN 1 Muara Enim bisa menghasilkan lima inovasi. Selanjutnya mereka akan diinkubasi disini, diajari cara memanajemen sebuah usaha, mengelola keuangan dan memasarkan produk ke publik,” papar Kiki.

Agar output tecknopark dapat maksimal, tambahnya, diperlukan juga kerjasama dari pihak-pihak eksternal, salah satunya ialah para pengusaha yang telah mapan.

“Jadi anak-anak dapat diajari bagaimana memanajemen usaha yang baik sehingga bisa mengembangkan dan memajukan usahanya,” tukas Kiki.

Sementara, Kepala SMK Negeri 1 Muara Enim, Misniati mengatakan, technopark menjadi salah satu wadah untuk menghubungkan SMK Negeri 1 Muara Enim dengan dunia usaha dan dunia industri.

Dijelaskannya pula, Technopark adalah suatu kawasan terpadu yang menggabungkan dunia industri, sekolah, pusat riset dan penelitian, termasuk pelatihan serta kewirausahaan.

“Harapannya terjadi sinergi antara kegiatan yang ada di SMK dengan kegiatan dunia industri, dunia usaha dan pemerintah,” ungkap Misniati. (Ari)

editor : awan

No related post!

Tinggalkan pesan