Home Peristiwa Gali Potensi Para Napi, Lapas klas IIB Muara Enim Terapkan One Prison...

Gali Potensi Para Napi, Lapas klas IIB Muara Enim Terapkan One Prison One Product

KORDANEWS – Gali potensi yang dimiliki para narapidana yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Kemenkumham minta agar setiap Lapas menyiapkan satu produk unggulan yang dihasilkan oleh para narapidana.

Dengan diluncurkannya program *One Prison One Product*, Kemenkumham berharap bahwa narapidana itu bisa berkreasi dengan memanfaatkan potensi yang ada, dan satu lapas wajib memiliki satu produk unggulan mereka.

Seperti halnya Lapas klas IIB Muara Enim, Lembaga Pemasyarakatan yang sudah menampung 1000 orang lebih penghuni ini juga memiliki produk unggulan yang dihasilkan para narapidana yang ada.

Produknya pun bukan hanya satu jenis tapi berbagai macam jenis, mulai dari miniatur sepeda motor trail, miniatur kapal laut, boneka, dan kopiah dengan motif batik khas Sumsel.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Muara Enim, Hidayat saat bincang dengan Kordanews.com, Kamis (10/01/2018) mengatakan tidak semua Napi yang bisa mengikuti kegiatan ini, hanya Napi yang sudah menjalani masa
hukuman selama 2/3 masa pidana.

“Khusus Napi yang sudah menjalani 2/3 masa tahanan baru bisa mengikuti kegiatan ini, nah kalau masih berstatus tahanan belum bisa, karena kita tidak ada wewenang untuk itu, karena statusnya masih tahanan titipan,” ujar
Hidayat.

Untuk produksinya sendiri, lanjut Hidayat, dilakukan setiap hari, kecuali hari Minggu, dan untuk bahan dibeli dari tokoh, rata-rata dari luar kota, karena kalau dari dalam kota Muara Enim bahannya susah didapat.

“Kita pesan bahan mentahnya, dan kita serahkan ke napi yang akan mengeksplorasi potensi mereka,” tambahnya.

Target pemasaran kita adalah pasar nasional melalui online, jadi targetnya untuk diperjualbelikan di bandara dan perhotelan. (Ari)

Editor : Chandra Baturajo.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here