HD : Peran Ulama Sangat Penting Dalam Pembinaan Umat

20 views

KORDANEWS-Gubenur Sumatera Selatan H Herman Deru melakukan safari jumat, kali ini masjid yang dikunjungi gubernur dan jajaran adalah Masjid Nurul Islam jalan Naskah RT. 07 RW. 02 KM 7 Kelurahan Sukarami Kecamatan Sukarami Palembang, Jumat (11/1).

Gubernur H Herman Deru sebelum melaksanakan sholat jumat dalam sambutannya menegaskan kehadirannya di masjid Nurul Islam merupakan bagian dari rutinitas yang sudah lama dilakoninya semenjak menjabat Bupati OKU Timur selama dua periode yang kemudian selanjutnya kembali dijalankan ketika menjabat sebagai gubernur Sumsel pada awal Oktober 2018 lalu.

“Bapak bapak tidak perlu terkejut kalau saya datang ke surau, langgar atau masjid. Kadang tanpa pemberitahuan. Tapi kalau safari sholat jumat memang sudah sering saya lakukan semenjak dari Bupati OKU Timur dulu,” tegasnya.

Lebih lanjut HD menegaskan, belum lama ini telah dikukuhkan ke pengurusan Forum Komunikasi Ulama Umaro Sumatera Selatan (FKU2S) yang dimintanya dapat sinergi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) melakukan pembinaan mental spiritual bagi umat.

“Kita sudah bentuk Forum Ulama Umaro. Program kebijakan yang dijalankan harus bermanfaat bagi umat. Tidak mesti dalam bentuk benda tapi bagaimana pesan dan nilai-nilai spiritual bisa disampaikan kepada umat,” tambahnya.

Peran ulama tegas HD sangat penting. Mengingat sesusai dengan hasil survey pesan agama dan nilai kebangsaan yang disampaikan ulama paling didengar oleh umat. Baru setelah itu pesan dari pemerintah mulai dari RT, RW, kades atau lurah, camat, bupati/walikota, gubernur dan Preaiden.

“Aku mintak nian ada perhatian khusus lah kepada para alim ulama. Begitu juga dengan petugas azan atau muazin. Karena kita taunya waktu sholat sudah masuk karena ada suara azan. Kadang kalau azannya bagus, mesti ku juk bonus,” imbuhnya.

Baca Juga :   Wagub Mawardi Resmikan The Sultan Convention Center

Menutup sambutannya Gubernur mengingatkan masyarakat Sumsel untuk bersatu padu menjaga kerukunan antar suku dan antar pemeluk agama. Terlebih tidak lama lagi akan digelar pesta demokrasi Pileg dan Pilpres.

“Ingatkan masyarakat kita. Jangan sampai terpecah karena beda pilihan,” tandasnya.

Untuk menambah keuangan kas masjid Nurul Islam, Gubernur menyerahkan bantuan. Berupa uang Rp 10 juta yang nantinya dapat digunakan sebagai pembayaran listrik atau kebutuhan masjid lainnya.

editor : red

sumsel ulama

Posting Terkait

Tinggalkan pesan