Home Sumsel Mantan Pejabat Pemkot Palembang Ramai-Ramai Panen Sayur di Kebun Ibu Gubernur Sumsel

Mantan Pejabat Pemkot Palembang Ramai-Ramai Panen Sayur di Kebun Ibu Gubernur Sumsel

KORDANEWS- Ada-ada saja ide sederhana namun brilian yang dilakukan Gubernur Sumsel Herman Deru untuk menyenangkan orang tuanya (mertua) yang juga mantan Walikota Palembang H. Husni. Minggu (20/1) misalnya, ia sengaja mengundang sejumlah mantan pejabat Pemkot Palembang yang menjabat era 1993-2003 untuk reuni dan memanen bersama di Kebun Bu Feby di Kediamannya di kawasan Gandus.

” Saya ajak sahabat-sahabat mertua saya pak Husni yang masih sehat, mereka umurnya rata-rata sudah 80-an. Saya ajak mereka memanen sayur. Jangan dilihat nilainya tapi kebersamaannya itu. Alhamdulillah saya lihat mereka senang sekali. Kegiatan ini tidak seberapa tapi bisa membuat mereka bahagia itu yang penting” ujarnya dibincangi di sela acara Kick Off Sumsel Super League (SSL) di Stadion Bumi Sriwijaya.

Diceritakan mantan Bupati OKU Timur dua periode itu, kebun seluas 18 hektare tersebut sebenarnya sudah digagas pembangunannya untuk bisnis sejak tahun 2012 silam. Namun sempat tak terurus lantaran ia sibuk Pilkada.

Tadinya kata pria yang akrab disapa Deru tersebut, kebun itu akan dinamai Gandus Botanical Garden, karena memang banyak ditanami berbahai jenis sayuran dengan cara biasa dan hidroponik.

Setiap beberapa pekan sekali sayuran seperti terong, tomat, mentimun, cabai dan lainnya dipanen dikebun ini baik oleh istrinya Feby Deru bersama anak-anaknya maupun pengurus kebun. Tak tanggung-tanggung, sayur yang dipanen jumlahnya mencapai lebih dari 1 ton. Hasil panen itu kemudian dijual ke sejumlah pasar tradisional dalam Kota Palembang.

Tak hanya ditanami sayuran tapi kebun itu juga digunakan untuk memelihara berbagai jenis hewan peliharaan rumah seperti, kucing reptil hingga domba dan kuda. Di kebun ini bahkan bisa juga digunakan untuk olahraga memanah, berkuda dan voley pantai serta olahraga tradisional lainnya.

“Mudah-mudahan sebelum Lebaran sudah bisa dibuka untuk umum. Sekarang masih dilengkapi dulu, namanya belum ada tapi itu kebunnya ibu Feby,” jelasnya.

Karena didominasi tanaman, Herman Deru berencana menjadikan kawasan itu sebagai tempat edukasi tentang pengetahuan bertani, bercocok tanam dan penelitian holtikultura.

” Ini nanti akan jadi pusat edukasi pertanian dan peternakan. Karena disana nanti akan ada juga pelajaran bagaimana memelihara hewan peliharaaan dan kita ajari juga misalnya bagaimana cara memerah susu,” jelasnya.

Kegiatan reuni ini di hadiri langsung oleh Mantan Walikota Palembang pada periode 1993 – 2003 Drs. H. Husni M.M. Ssi. Usai ramah tamah tersebut Deru mengisi waktu luangnya untuk berolahraga memanah, berkuda dan berkebun bersama warga disekitaran Gandus.

Deru mengajak masyarakat Sumsel saat akhir pekan untuk mampir di perkebunan miliknya. Untuk melihat dan menjajal langsung stable kuda yang diberi nama 3D artinya (Deru Danis Deka).

” Perkebunan ini sudah di bangun sejak 2013. Nanti kalau sudah selesai, silahkan masyarakat Sumsel datang ketempat ini terutama di hari minggu. Disini bisa sebagai lokasi menyalurkan hobi seperti bercocok tanam, berkuda, dan latihan memanah,” tegasnya ketika ditemui disela-sela sesi memanah.

editor : red

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here