Disdik Sumsel Pemerintah Hadirkan Volunteer Pendidikan

138 Views
ist

PALEMBANG — Dinas Pendidikan Sumatera Selatan mengapresiasi program “Indonesia Mengajar” untuk anak-anak di daerah terpencil, terjauh, dan terluar (3T) yang diusung pemerintah pusat sejak 2009 lalu.

Untuk itu, pihaknya mendorong pemerintah kota/kab untuk ikut melaksanakan program ini. Hal ini dilakukan, semua masyarakat Sumsel bisa terlayani dengan baik dalam hal pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo, Jumat (29/7) mengatakan, program ini memang merupakan program pemerintah pusat, sebagai bentuk sinergi, ada baiknya pemerintah kota/kab untuk ikut melaksanakan program ini.

“Terlebih di Sumsel ada program sekolah gratis, percuma ada sekolah gratis jika tidak ada yang melayani,” ujarnya.

Pemerintah daerah bisa menggerakkan anak-anak muda untuk menjadi seorang sukarelawan (volunteer) untuk melayani anak-anak di Sumsel dengan baik.

“Pemerintah kota/kab tidak harus menyiapkan dana yang besar untuk program ini, cukup untuk mereka agar bisa survive saja,” ujarnya.

Widodo menambahkan, di Sumsel ada 12 orang volunteer yang mengabdi di daerah Muara Enim dan Banyuasin.

“Dalam kegiatan ini, mereka tidak hanya mengajar siswa secara langsung tetapi juga membantu guru meningkatkan skill, berupa inovasi dalam pembelajaran dan sebagainya. Karena saat ini kita hidup di era digital, jadi para sukarelawan ini membantu mengupgrade kemampuan guru di daerah.

“Kami mengharapkan program ini diteruskan oleh pemerintah kota dan daerah, faktanya masihnya banyak daerah yang pendidikannya belum terlayani dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu tenaga volunteer Indonesia Mengajar, Muhammad Izzuddin, mengatakan, ada 12 orang volunteer yang didistribusikan ke dua daerah di Sumatera Selatan.

“Kami mengabdi di sini sejak April lalu hingga 10 bulan ke depan. Sebagai volunteer di bidang pendidikan, kami membantu pemerintah untuk mencerdaskan anak-anak di daerah-daerah 3T ini,” ujarnya.

Izzuddin mengatakan, dalam menjalankan tugasnya di Sumsel, pihaknya mendapat dukungan penuh dari Dinas Pendidikan Sumsel dan juga dan pemerintah daerah.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: