Home Sumsel Dispenda Sumsel Raup Lima Milliar Perhari

Dispenda Sumsel Raup Lima Milliar Perhari

KORDANEWS- Sejak diberlakukannya masa pemutihan pajak pada pekan kemarin ada kenaikan cukup signifikan sekitar 30 persen dari penunggak pajak yang melakukan kewajibannya.

Pelaksana Tugas Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel, Marwan Fansuri mengungkapkan jika dibandingkan hari biasanya, masa pemutihan pajak ini memang mengalami peningkatan.

Namun kenaikan tersebut belum terlihat jelas lantaran masih dalam hitungan hari.

“Belum bisa kalau dirinci secara pasti. Karena ini juga baru empat hari pemutihan pajak. Peningkatannya kisaran 30 persen dari hari biasa,” jelas dia, Senin (5/9/2016).

Jika dihitung sejak hari pertama pemutihan pajak, pihak Dispenda dapat meraup uang dari pembayar pajak Rp 4 M – Rp 5 M.

Uang yang didapatkan itu hampir sama banyaknya baik PajakKendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

” Hari pertama Rp 4 M sehari. Nah peningkatan pada hari Jumat kemarin Rp 5 M. Kalau keseluruhan belum bisa ditotal,” jelasnya.

Terkait berapa banyak Wajib Pajak (WP) yang belum membayar tunggakannya, Marwan tak bisa mengungkap secara pasti. Namun dipastikan baik kendaraan roda dua dan empat mencapai ribuan unit.

Banyaknya kendaraan terdata belum membayar pajak itu, tidak hanya pada kendaraan masih digunakan dalam sehari-hari saja, tetapi juga kendaraan hilang atau terbakar masih juga dikenai denda.

“Kalau jumlah wajib pajaknya ya bisa ribuan. Motor hilang atau terbakar dan sebagainya pajaknya masih juga harus dibayar,” ungkap Marwan.

Jika dalam satu hari pendapatan di Samsat Palembang kisaran Rp 5 M, ia optimistis targetan Pendapatan Aset Daerah (PAD) Sumsel hingga Rp 300 M lebih dapar tercapai.

“Bisa kita kalkulasikan, kalau satu hari Rp 5 M mudah-mudahan saja tercapai targetan selama empat bulan ke depan,” harapnya.

 

 

editor  : ardi

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here