Home Ekonomi Ini Target Pertumbuhan Ekonomi 2017

Ini Target Pertumbuhan Ekonomi 2017

KORDANEWS – Mengenai Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2017, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengemukakan, saat ini masih dalam pembahasan pemerintah dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Saat ini kami laporkan kepada Bapak Presiden bahwa pembahasan dari sisi asumsi makro dengan Komisi 11 dan akan berlanjut kepada badan anggaran telah dilakukan. Ada sedikit revisi dari pertumbuhan ekonomi, dari 5,3 menjadi 5,1,” kata Sri Mulyani.

Presiden Joko Widodo, lanjut Menkeu, menyampaikan bahwa kita harus tetap berusaha keras untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meskipun tidak harus selalu menggunakan instrumen APBN.

Namun, diakui Menkeu, tentu saja itu akan sangat tergantung dari berbagai kebijakan-kebijakan paket kebijakan yang ada di dalam Menko Perekonomian untuk bisa menciptakan banyak sekali minat investasi. Sehingga bisa menyumbangkan perekonomian, pertumbuhan ekonomi dan penciptaan kesempatan kerja tahun 2017, dan  bisa mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi dari yang telah dibahas dengan Dewan, yaitu 5,1 persen.

Menkeu juga  menyampaikan, bahwa lifting minyak akan lebih tinggi dari 780.000 Barel Per Hari (BPH) menjadi 815.000 barel per hari.

Sedangkan asumsi makro yang lain, masih tetap sama, yaitu inflasi 4%, suku bunga SBN 3 bulan 5,3, nilai tukar 13,3, dan harga minyak mentah Indonesia adalah 45 dolar per barel. Sedangkan lifting gas adalah 115.000 barel setara minyak per hari. (yda)

 

EDITOR : AWAN

SUMBER : KORDANEWS

 

 

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here