Jangan Biarkan Masyarakat Terpecah Belah, Sumsel Harus Bersatu Padu

Jangan Biarkan Masyarakat Terpecah Belah, Sumsel Harus Bersatu PaduReviewed by adminon.This Is Article AboutJangan Biarkan Masyarakat Terpecah Belah, Sumsel Harus Bersatu PaduKORDANEWS – Dalam upaya meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika di dalam diri seluruh komponen masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Provinsi Sumatera Selatan, Kodam II Sriwijaya menggelar kegiatan nusantara bersatu di wilayah Sumsel, berlangsung dipelataran BKB (Benteng Kuto Besak) Palembang, Rabu (30/11). Kegiatan yang mengusung tema “Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita bersama Bhinneka Tunggal Ika” ini, dihadiri langsung […]
97 Views

KORDANEWS – Dalam upaya meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika di dalam diri seluruh komponen masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Provinsi Sumatera Selatan, Kodam II Sriwijaya menggelar kegiatan nusantara bersatu di wilayah Sumsel, berlangsung dipelataran BKB (Benteng Kuto Besak) Palembang, Rabu (30/11).

Kegiatan yang mengusung tema “Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita bersama Bhinneka Tunggal Ika” ini, dihadiri langsung Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki, Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo, Pangdam II Sriwiyaya Mayjen TNI Sudirman, serta ribuan masyarakat terdiri dari para Ormas, Ulama, Perguruan Tinggi, Sekolah, Organisasi Pemuda, Masyarakat, Budayawan, Musisi, TNI, Polri dan keluarga serta komponen masyarakat lainnya. 

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki dalam orasinya mengatakan, masyarakat Sumsel adalah masyarakat yang sangat menjunjung tinggi adat istiadat setempat. Budaya Lokal Sumsel telah menjadi perekat persaudaraan diantara para penduduk yang mendiami wilayah ini. Apakah mereka yang lahir dan besar disini, maupun yang telah menetapkan hatinya untuk menetap di wilayah Sumsel, semuanya bahu membahu dan berjuang bersama untuk membesarkan nama harum Bumi Sriwijaya.

“Satu untuk semua dan semua untuk satu, yaitu Sumatera Selatan Gemilang yang bercahaya dan bersinar baik di kanca nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Ishak Mekki menambahkan, Sumsel bertekad untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang bermartabat dan diperhitungkan oleh negara-negara lain di dunia. Oleh karena itu, Lanjut Ishak Mekki, semua komponen masyarakat Sumsel harus bersatu padu, bahu membahu, menjaga kondisi wilayah Sumsel agar selalu aman dan damai. Citra masyarakat Sumatera Selatan yang sopan dan santun harus di jaga dan lestarikan bersama agar tercipta kehidupan bermasyarakat yang sejuk dan kompak.

“Jangan terpengaruh dengan kejadian di wilayah lain. Jangan biarkan masyarakat kita terpecah belah. Junjung tinggi persaudaraan yang selama ini kita bangun bersama. Agar senantiasa tercipta Sumatera Selatan yang maju perekonomian, pembangunan, makmur rakyatnya, damai masyarakatnya. Jauhkan masyarakat kita dari kata konflik sehingga pembangunan ini dapat terus berlangsung demi,” terang Ishak Mekki.

Pangdam II Sriwiyaya Mayjen TNI Sudirman mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di 5 Provinsi wilayah Kodam II Sriwijaya, yakni Provinsi Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumsel dan Babel. Untuk Sumsel terpusat di BKB Palembang.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, saling menghormati sesama umat beragama serta menjaga perdamaian kepada siapapun baik di dalam maupun di luar negeri. 

“Diharapkan semangat Bhinneka Tunggal Ika terus meningkat di dalam diri masyarakat, serta memiliki jiwa nasionallisme yang tinggi untuk turut serta bela negara, terbangunnya rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta semangat persatuan dan kesatuan bangsa dan turut serta dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa Indonesia”, tegasnya.

Sementara, Dalam perhelatan yang berlangsung meriah ini, hadirin nampak menggunakan seragam organisasi masing-masing serta menggunakan pakaian adat disertai ikat kepala Merah Putih, sebagai simbol rasa cinta tanah air, bela negara, rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Satu persatu pimpinan organisasi menyampaikan orasi kebangsaan tentang 4 konsesnsus dasar (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika), diawali oleh Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki, kemudian Tokoh Masyarakat, Tokok Pemuda dan Tokoh Agama. Kemudian, Pembacaan Puisi oleh Budayawan, Pemuda, dan Pelajar, puisi tentang : Bangsaku, Bangsamu, Bangsa Kita, Indonesia mu dan Indonesia Kita. 

Selain itu, nampak dinyanyikan bersama lagu-lagu wajib, Doa bersama secara bergantian oleh tokoh Lintas Agama, serta kegiatan tambahan berupa tampilan Kesenian/Tarian Daerah, Drum Band dan Pameran Alutsista TNI.

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: