Pasok Kebutuhan Kawasan Jakabaring, 2 GI Beroperasi

Pasok Kebutuhan Kawasan Jakabaring, 2 GI BeroperasiReviewed by adminon.This Is Article AboutPasok Kebutuhan Kawasan Jakabaring, 2 GI BeroperasiKORDANEWS  – Wakil Gubenur Sumatera Selatan Ishak Mekki meresmikan dua Gardu Induk (GI) baru sekaligus yakni GI Jakabaring  berkapasitas  150 kV  (1×60 MVA) dan GI Gandus Palembang berkapasitas (1×60 MVA dan 1×30 MVA) serta  dua transmisi baru yakni Transmisi 150 kV Phi Incomer, Mariana – Keramasan dan Transmisi 150 kV Phi Incomer, Keramasan – Talang […]
126 Views

KORDANEWS  – Wakil Gubenur Sumatera Selatan Ishak Mekki meresmikan dua Gardu Induk (GI) baru sekaligus yakni GI Jakabaring  berkapasitas  150 kV  (1×60 MVA) dan GI Gandus Palembang berkapasitas (1×60 MVA dan 1×30 MVA) serta  dua transmisi baru yakni Transmisi 150 kV Phi Incomer, Mariana – Keramasan dan Transmisi 150 kV Phi Incomer, Keramasan – Talang Kelapa .

Pembangunan dua GI baru ini dimulai sejak 2013 lalu dan selesai tepat waktu di tahun 2016. Peresmian sendiri berlangsung di Lokasi GI Jakabaring, Jl. Gub. H. Bastari Palembang, Rabu (30).

Beroperasinya GI Jakabaring diperuntukan selain untuk  meningkatkan kebutuhan listrik disekitar kawasan Jakabaring , juga untuk memenuhi stok listrik yang diperlukan pada penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang serta untuk memenuhi kebutuhan operasional LRT Palembang.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur  Ishak Mekki mengatakan, pembangunan listrik merupakan bagian yang sangat penting mengingat listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk industri, rumah tangga,  pendidikan dll, serta dapat membangun dan mewujudkan insfratuktur yang ada di Sumsel .

 “Sumsel sendiri dinyatakan sudah berlebihan dalam energi tenaga listrik sehingga mensuplay Provinsi-Provinsi tetangga,” ujarnya.

Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Sumsel, Lanjut Ishak Mekki, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PLN yang terus melakukan peningkatan pembangunan dibidang kelistrikan di Sumsel khususnya Kota Palembang.

“Dengan adanya pembangkit khusus yang ada di Jakabaring ini diharapkan dalam menyambut Asean Games tidak ada kendala. Saya yakin stok listrik selama Asean Games sudah aman,” terang Ishak Mekki

Ishak Mekki mengharapkan, dengan beroperasinya GI baru ini dapat meningkatkan sistem kelistrikan di Sumsel . tak hanya pembangunan yang ada di Palembang, Pemerintah Provinsi Sumsel  juga terus berupaya dalam meningkatkan jaringan listrik di Sumsel, antara lain membangun gardu induk di Sekayu, Martapura, KayuAgung, dan Tebing Tinggi. Bahkan kedepan akan dibangun gardu induk di Muara Rupit dan Muara dua. 

”Saya berharap masyarakat ikut mendukung semua pembangunan gardu induk di Sumsel , seperti misalnya pembebasan lahan untuk gardu induk maupun transmisi-transmisi lainya yang dibutuhkan oleh PLN. Karena, ini  kendala yang akan menghambat pembangunan gardu induk,” tegasnya

Sementara, GM PLN UIP Sumbagsel, Dadi Muhrino mengatakan, pembanguna n  gardu induk  Jakabaring dan Gandus dimulai tahun 2013 yang selesai sesuai target di tahun 2016 . Menurutnya, dengan beroperasinya GI ini dapat memenuhi semua kebutuhan listrik masyarakat kota Palembang.

 “Pembangunan GI ini, juga dilakukan untuk mensupport suksesnya  Asian Games 2018 mendatang,” ujar Dadi Muhrino

Dadi mengungkapkan, untuk mensupport Asean Games 2018 mendatang, UIP Sumbagsel banyak melakukan pembangunan antara lain, pembangunan GI kenten dan perluasan Jakabaring yang ditargetkan bulan oktober tahun depan bisa beroperasi, Pembangunan saluran bawah tanah/ underground yang akan menghubungkan gardu induk di dalam komplek lahan yang sempit di Boom baru dan di Demang Lebar daun. Selain itu di Sumsel juga sedang melakukan pembangunan transmisi dari lahat sampai Muara Bungo dimana transmisi nya sudah selesai, untuk gardu induknya diperkirakan desember ini bisa beroperasi. Sehingga nanti akan ada tol 275 kv dari Lahat sampai muaro bungo. Lanjut Dadi, di Palembang nanti akan ada pembangunan dari mariana sampai Kayu Agung yang  ditargetkan 2017 akhir bisa beroperasi. kami sangat memohon support dari semua komponen masyrakat dan semua instansi, dalam hal pembangunan kelistrikan yang ada di sumsel. 

“Diharapkan agar kendala-kendala yang ada terkait dengan masalah sosial, masalah pembebasan lahan dan pembebasan lahan dibawah jalur bisa diatasi sehingga proyek-proyek transmisi-transmisi dan gardu induk bisa bermanfaat bagi masyarkat sumsel.” ungkap Dadi.

EDITOR : AWAN

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: