Home Kriminal Polresta Palembang ada Tim Khusus Anti Bandit

Polresta Palembang ada Tim Khusus Anti Bandit

KORDANEWS  – Banyaknya aksi kejahatan begal yang saat ini terjadi di kota Palembang, menjadi perhatian khusus dari Kepolisian setempat.

Untuk mengejar pelaku serta mengantisipasi kejadian tersebut semakin menjamur, Polresta Palembang membentuk tim khusus anti bandit atau yang disebut sebagai  ” Tekab”.

Dari catatan Polresta Palembang, sepanjang 2016 sebanyak 5.803 kasus kejahatan terjadi. Dari keseluruhan, 3.426 kasus berhasil diungkap atau 60 persen.

“Dari seluruh kasus tersebut, 277 adalah tindak kejahatan begal di Palembang. Ini menjadi perhatian serius. Polisi harus lebih pro aktif”kata Kapolresta Palembang, AKBP Wahyu Bintono Hari Bawono, usai memimpin tim apel tim anti bandit, Jumat (16/12).

Dilanjutkan mantan Wadirnarkoba Polda Metro ini, 13 personel Polisi yang tergabung dalam tim “Tekab” merupakan orang pilihan, baik dalam mengungkap kasus maupun menghadapi dan menangkap pelaku begal.

“Tekab terbentuk menyikapi dinamika yang ada di masyarakat dengan banyaknya kejahatan begal, maka dengan mengoptimalkan tim khusus ini,  pelaku begal diharapkan dapat berkurang di Palembang,” ujarnya.

Ditegaskan Kapolresta Palembang, pihak Kepolisian tidak akan segan untuk menangkap para pelaku. Bahkan, tindakan tegas akan dilakukan tanpa pandang bulu jika para tersangka melakukan perlawanan.

“Kita tidak memberi ampun kepada para pelakunya, jika melawan. Tim ini beroperasi  sampai tidak ada batas waktu yang ditentukan” kata dia.
Selain mengincar para pelaku, Tekab juga akan mencari para penampung hasil kejahatan curas. Begitu juga kampung yang dijadikan tempat begal beroperasi.

“Aktor intelektualnya juga kita cari, siapa penampungnya dan kelompok mereka,”ucap Kapolresta Palembang.

Disisi lain, Satreskrim Polresta Palembang berhasil menangkap 18 pelaku begal. Para tersangka ditangkap ditempat berbeda dan saat ini sedang dilakukan pengembangan untuk menangkap pelaku lainnya.

 

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here