Home Headline Rail Clinic Generasi 2 Diluncurkan

Rail Clinic Generasi 2 Diluncurkan

KORDANEWS – Setelah peluncuran perdananya pada 12 Desember 2015 lalu telah hadir di berbagai di Pulau Jawa untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar jalur Kereta Api (KA).

Kini Rail Clinic generasi kedua hadir di pertama kali di Sumatera, sekaligus pemberian pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat di Stasiun Kertapati, Divre III Palembang.

Peresmian Rail Clinic generasi kedua dihadiri, Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukomoro dan Mitra Kerja BUMN PT KAI, bertempat di Stasiun Kereta Api Ketapati Palembang, Rabu (21/12).

Dikatakan Direktur Utama PT KAI Edi Sukomoro l, Rail Clinic tersebut sebagai bentuk bakti sosial pada negeri, untuk memberi layanan kesehatan pada masyarakat.

“Rail Clinic merupakan rangkaian yang terdiri dari dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) yang telah dimodifikasi seperti klinik berjalan, masing-masing ruangan Rail Clinic akan memberikan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda, “katanya.

Diungkapkan Edi, Rail Clinic untuk generasi kedua ini sedikit berbeda dari Rail Clinic genereasi pertama, perbedaan terdapat pada penambahan perlatan medis untuk pemeriksaan mata yang sudah menggunakan alat digital, sedangkan pada generasi pertama secara manual.

“Selain itu, genset kereta pada Rail Clinic generasi kedua tidak sebising pada generasi sebelumnya sehingga tidak mengganggu pelayanan, “katanya.

Dijelaskan Edi, Pelayanan yang akan diberikan Rail Clinic PT KAI berupa pemeriksaan umum yang prima, pemeriksaan mata, pemeriksaan Ibu hamil dan kemudian pemeriksaan gigi juga operasi ringan.

“Juga sekaligus pemberian resep juga obat, karena dokternya juga ada di Rail Clinic semuanya diberikan secara gratis serta tidak ada persyaratan apapun untuk menikmati fasilitas ini,” jelasnya

Lanjutnya, untuk jadwal pengoperasian Rail Clinic nantinya akan diatur dan diumumkan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu.

Sementara, untuk tenaga medis, dikatakan Edi, pihaknya menyiapkan 10 tenaga medis yang siap membantu dan melayani masyarakat. “Tentunya tenaga medis ini bekerja secara bergantian dan rolling, namun kita pastikan mereka selalu siap membantu,” singkatnya.

Lanjutnya, untuk jadwal pengoperasian Rail Clinic nantinya akan diatur dan diumumkan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu.

Tambahnya untuk Rail Clinic ini disampaikan Edi, hadir pertama di Sumatera sebagai bukti bahwa BUMN hadir untuk negeri.

“Itu nyata, semua masyarakat yang berada disekitar stasiun dan perlintasan kereta api dengan membantu mereka memberikan pengobatan gratis secara berkala,” tandasnya.

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here