Home Sumsel Luas Tanam Padi di OKI Terbesar se-Sumatera

Luas Tanam Padi di OKI Terbesar se-Sumatera

KORDANEWS  – Persaingan luas pertanian tanam padi dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan Kabupaten Banyuasin tahun 2016 akan berakhir. Bumi bende seguguk di tahun 2017 akan menanam padi terluas di Sumatera, Minggu (15/1/2017).

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Ketahanan Pangan dan Holtikultura OKI H Syaripudin SP MSi mengatakan, luas tanam padi di Kabupaten OKI tahun ini akan meningkat dibanding tahun 2016 lalu.

Itu sesuai instruksi dari Kementerian Pertanian RI. Kabupaten Banyuasin akan berakhir dengan sendirinya.

Ketika ditanya berapa luasnya? Kementerian Pertanian RI sudah menargetkan Kabupaten OKI untuk menanam padi eluas 201.000 hektar. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu, hanya 192.000 hektar.

“Ini belum final, bisa saja bertambah lagi puluhan ribu hektar karena kemungkinan ada daerah lain yang tak sanggup sehingga dialokasikan,”tutur Syaripudin yang tak menjelaskan alasan pertanian di Banyuasin akan berakhir.

Meski masih di awal tahun 2017, namun Dinas Tanaman Pangan, Ketahanan Pangan dan Holtikultura OKI sudah memetakan pembagian luasan penanaman padi  di seluruh kecamatan.

Dari 18 kecamatan yang ada d OKI  hanya Kecamatan Mesuji Makmur yang tidak ditargetkan untuk menanam padi karena daerahnya perkebunan sawit dan karet.

 

EDITOR : AWAN

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here