Home Politik Tren Saling Lapor, Mahfud MD: Itu Kekanak-kanakan

Tren Saling Lapor, Mahfud MD: Itu Kekanak-kanakan

KORDANEWS – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD menilai, kelakuan saling melaporkan yang marak terjadi belakangan ini merupakan tindakan kekanak-kanakan. Meski demikian, Mahfud meminta kepolisian berlaku adil memproses semua laporan yang masuk.

“Itu tidak sehat bagi berbangsa dan bernegara. Kekanak-kanakan,” ujarnya di Palembang, Kamis (26/1).

Mahfud berpendapat, pelapor tersebut, sepertinya hanya mencari-cari kesalahan orang yang akan dilaporkan. Terlapor juga melakukan hal yang sama untuk mempolisikan lawannya.

“Jangan saling melaporkan kalau kesalahannya itu tidak signifikan, kalau hanya mencari-cari sensasi,” ujarnya.

Oleh karena itu, Mahfud mengimbau agar semua pihak menghentikan tindakan itu. Menurut dia, masih banyak persoalan serius yang perlu direspon dan diungkap, salah satunya kasus korupsi.

“Kalau begini nanti yang kita urus hanya urusan hukum yang kecil-kecil, sementara masih banyak laporan korupsi bertahun-tahun, bermiliaran,” kata dia.

Namun, jika pihak kepolisian terlanjur memproses saling lapor itu, Mahfud berharap agar diperlakukan secara sama dan adil. Polisi tidak hanya fokus atau hanya mengusut satu laporan tertentu dan mengucilkan terlapor yang lain yang berujung penilaian balas dendam.

“Yang satu ditindak, yang lain juga ditindak kalau sama-sama dilaporkan. Kalau yang satu dibiarkan yang lain juga dibiarkan kalau indikasi dan latar belakangnya sama. Misal, jangan sampai pak Mahfud dilaporkan, lalu dipanggil, distrap, sementara mbak ini, mbak itu, kiyai ini kiyai itu yang dilaporkan dibiarkan,” jelasnya.

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here