Home Headline Dua Mahasiswa Unsri Tewas Tenggelam di Danau Buatan

Dua Mahasiswa Unsri Tewas Tenggelam di Danau Buatan

KORDANEWS  – Kabar buruk datang dari Universitas Sriwijaya (Unsri). Sebab, ada dua mahasiswa Unsri tewas tenggelam di danau buatan kampus Unsri Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir (OI). Keduanya yaitu Taufik (19), dan Kigjet (19) yang diduga tak bisa berenang.

Mereka merupakan mahasiswa semester II Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) program studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Dari informasi yang didapat,  hal itu bermulah saat sejumlah mahasiswa Fakultas FKIP Unsri sedang mengadakan kegiatan latihan mahasiswa tingkat dasar, Minggu (26/3) pukul 15.00.

Kegiatan tersebut berlangsung di dekat kolam retensi lingkungan kampus Unsri Inderalaya.

Kegiatan yang dilakukan yakni melakukan penyeberangan basah. Nahas bagi korban, diduga kedua mahasiswa tersebut yakni Taufik dan Kigjet diduga tidak bisa berenang. Karena, kondisi air danau ada yang memiliki kedalaman mencapai dua meter. Sehingga, kedua korban pun seketika hilang. Sedangkan, rekan-rekan mereka yang lain, telah menepi di tepi danau.

Melihat peristiwa itu, sejumlah mahasiswa yang lain berusaha melakukan pencarian terhadap kedua rekannya yang hilang dengan cara menyelami air danau sembari menghubungi aparat Kepolisian Polres Ogan Ilir.

Dengan dibantu warga bersama aparat Kepolisian, melakukan pencairan terhadap kedua korban yang tenggelam tersebut.

Barulah, beberapa menit melakukan pencarian, tepatnya pukul 16.00, tubuh salah satu korban bernama Taufik ditemukan tak jauh dari lokasi tenggelamnya kedua orang mahasiswa malang tersebut.

Saat ditemukan petugas, kondisi korban sudah dalam keadaan terbujur kaku dan tak bernyawa. Lalu, selang beberapa saat kemudian, tepatnya pukul 17.00, satu lagi jasad korban bernama Kigjet juga ditemukan dalam kondisi yang sama.

Oleh petugas, jasad kedua korban langsung dibawa ke Puskesmas Timbangan Inderalaya, sembari menunggu pihak keluarga dari kedua orang mahasiswa tersebut.

Kapolres OI AKBP M Arief Rifai SIk didampingi Kasat Resktim AKP Ginanjar Aliya Sukmana SIk di lokasi menuturkan, saat ini pihaknya sedang melakukan proses identifikasi di lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) sembari memintai keterangan saksi-saksi dan ketua pelaksana penyelenggara kegiatan.Dari keterangan yang diperoleh pihaknya, dijelaskan Kasat, sore itu (kemarin, red), sejumlah mahasiswa Unsri termasuk mahasiswa Fakultas FKIP Jurusan PLS sedang mengikuti kegiatan latihan dengan cara menyeberangi air danau yang berada di belakang kampus Unsri Inderalaya.

“Diduga korban tidak bisa berenang dan seketika tenggelam,” ujar AKP Ginanjar. Ketika dikonfirmasi, apakah pihaknya akan melakukan penahanan terhadap ketua panitia penyelenggara kegiatan?.

Menurut Kasat, pihaknya masih melakukan pengecekkan kelengkapan kegiatan penyelenggara, apakah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) atau tidak. “Kita masih melakukan interogasi sejumlah saksi-saksi yang berada di lokasi saat kejadian,” terang AKP Ginanjar.

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here