Home Headline Tiba di Palembang, Wapres Langsung Tinjau JSC

Tiba di Palembang, Wapres Langsung Tinjau JSC

IST

KORDANEWS – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bertandang ke Bumi Sriwijaya, Sabtu (8/4) untuk meninjau pembangunan dan kesiapan Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Dalam kunjungan ini, JK yang juga merupakan Ketua Pengarah Panitia Asian Games 2018, tiba di Kota Palembang pada Sabtu (08/04) sekitar pukul 09.00 dengan didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Komite Olahraga Nasional lndonesia Tono Suratman, serta Presiden Indonesia Asian Games Organizing Committee (lNASGOC) Erik Thohir, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan dan Kemanusiaan dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widarto, Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, dan beberapa pejabat lainnya.

JK tiba di Bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) ll disambut langsung oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan rombongan dan bertolak menuju arena Jakabaring Sport City (JSC) Center.

Wapres JK dan Gubernur Alex Noerdin segera menuju venue shooting range untuk melihat langsung dan mengamati arena Shooting Range , yang akan digunakan sebagai salah satu arena pada cabang olahraga menembak. Shooting Range yang terdapat di JSC, merupakan salah satu Shooting Range terbaik berstandar internasional yang dimiliki Sumsel.

Masih berada dalam satu kawasan, usai meninjau Shooting Range, rombongan Wapres JK dan Gubernur Alex Noerdin , selanjutnya ke arena Rowing , Canoing, dan Triathlon. Setibanya di Eisma Atlet, JK meninjau gedung yang nantinya akan digunakan sebagai penginapan bagi sekitar 1.320 atlit. Selain Wisma Atlit yang telah eksisting, sebanyak lima rusun dibangun oleh Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan masing-masing terdiri dari 5 lantai. Progres pembangunan rusun telah mencapai 98 persen.

Untuk lantai dasar terdapat lobi utama, ruang bersama, ruang duka, kantor pengelola, kantor rtl rw, dua unit hunian diffabel, musholla dan kios. Sedangkan dari lantai 2 hingga lantai 5 terdiri dari 16 unit hunian. Pembangunan rumah susun yang kualitasnya disesuaikan dengan standar internasional ini, rencananya akan terhubung dengan Light Rail Transit (Lrt) serta akses menuju Jembatan Musi IV.

Dari Kawasan wisma atlit, JK dan Alex Noerdin kemudian menuju ke stadion utama Gelora Sriwijaya. Stadion multifungsi terbesar ke-tiga di Indonesia setelah Stadion Gelora Bung Karno , dan Stadion Utama Palaran. Di sini Wapres melihat langsung bagian lintasan, bagian rumput , dan tribun. Usai meninjau kawasan JSCC, JK dan Gubernur Alex Noerdin Iangsung menuju ke Griya Agung, untuk membahas lebih lanjut persiapan pelaksanaan Asian Games 2018.

Sebelumnya, pada Rabu 15 Maret lalu, Wapres bersama Gubernur Alex Noerdin telah mengadakan rapat membahas Asian Games di Kemenpora mengenai besaran anggaran bagi pelaksanaan Asian Games yang mencapai Rp8,7 triliun rupiah. Dalam hal ini, Wapres meminta agar biaya dapat ditekan tidak lebih dari Rp4 triliun rupiah.

Namun anggaran tersebut belum disahkan oleh pemerintah. Sementara itu, pemerintah telah mengalokasikan anggaran senilai Rp500 miliar rupiah dalam APBN 2017 untuk pelaksanaan event empat tahunan tersebut.

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here