Home Headline Nekat Pemekaran, Mendagri: Siap-Siap Berhadapan Dengan Presiden!

Nekat Pemekaran, Mendagri: Siap-Siap Berhadapan Dengan Presiden!

KORDANEWS – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengimbau kepada daerah yang belum memenuhi persyaratan administratif untuk pemekaran, untuk tidak melakukan pemekaran. Bila masih tidak menghiraukan imbauan tersebut, dirinya mewarning bahwa daerah pemekaran tersebut harus mempertanggungjawabkannya kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Mohon maaf untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk tidak melakukan pemekaran, ” ujarnya saat sambutan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) di Hotel Swarna Dwipa, Senin (17/4).

Tjahjo menjelaskan, saat ini ada 250 daerah yang mengusulkan pemekaran daerah, mulai pemekaran provinsi juga kabupaten/kota. “Hasil evaluasi saya banyak daerah hasil pemekaran belum bisa mandiri,” jelasnya.

Ia memberikan contoh, di suatu daerah hasil pemekaran yang telah berdiri kantor Kejaksaan Negeri. Tetapi isinya hanya dua orang terdiri dari seorang Kepala Kejaksaan Negeri dan seorang staf.

“Kita jangan hanya melihat gedungnya saja besar tetapi isi dan kinerjanya belum maksimal. Ada disuatu daerah sudah tiga tahun dimekarkan tetapi tidak bisa menentukan ibukota kabupatennya, padahal hanya mempunyai 3 kecamatan dengan jumlah penduduk tidak lebih dari 10 ribu jiwa,” tegasnya.

Dikatakannya, di Sumsel ada daerah tingkat kemiskinannya cukup tinggi oleh karenanya ia tidak akan memekarkan daerah di Sumsel tersebut. Ia menginginkan pembangunan di suatu daerah merata daripada hanya sekadar pemekaran.

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here