Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih Meroket


KORDANEWS –.Mendekati Ramadan, sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Palembang mulai merangkak naik, kenaikan terjadi perlahan sejak sepekan terakhir.

Kenaikan harga tertinggi terjadi pada komoditas bawang putih dari Rp32.000 menjadi Rp60.000 per kg, padahal dua pekan sebelumnya Rp28.000 – Rp 30.000 per kg, sedangkan untuk bawang merah mengalami kenaikan dari Rp32.000 menjadi Rp35.000.

Marwan salah seorang pedagang bawang putih di Pasar KM5 mengatakan, kenaikan yang terjadi saat ini terkhusus hanya kepada sejumlah komoditas tertentu saja.

“Jadi kalau secara umum belum seluruhnya naik,” kata dia, kemarin.

Untuk beberapa kenaikan pada komoditas khususnya bawang, hal itu lebih dikarekan pasokan yang didapat pedagang dari agen memang berkurang.

“Apalagi permintaan sepekan terakhir cukup tinggi,” katanya.

Dia menjelaskan, menjelang Ramadan tidak hanya harga bawang yang biasanya, kenaikan juga akan diikuti seperti cabai, telur, dan tentunya daging.

“Sudah menjadi hal biasa ketika saat Ramadan harga tinggi, masyarakat juga biasanya sudah tahu,” katanya.

Hal yang hampir serupa diungkapkan Rustini (40) agen sayur masyur di Pasar Induk Jakabaring. Menurutnya, kenaikan tertinggi saat ini baru terasa untuk bawang putih.

“Di tinggkat agen saja harganya kini sudah cukup tinggi diatas Rp 50.000 per kilogram,” katanya.

Tingginya harga ini karena kuantitas yang diterima agen setiap harinya mengalami penyusutan. Meski demikian dirinya tidak terlalu mengetahui alasan mengapa pasokan sehari kini berkurang. “Biasanya saya minimal menjual hingga 5-6 kulintal sehari. Tapi kini hanya separuhnya,” kata dia.

editor : mahardika

No related post!

Tinggalkan pesan