Bank Dibuat Sibuk Oleh Serangan Malware


KORDANEWS – Sejumlah negara hari ini dihebohkan dengan serangan malware atau virus computer yang disebut WannaCry. Malware tersebut menyasar sejumlah computer khususnya lembaga berbasis layanan public, sehingga membuat layanan menjadi terganggu.

Masalah tersebut ternyata juga tak luput dari perhatian pelaku industri perbankan. Bahkan sejumlahbank mengaku telah melakukan langkah preventif guna mengantisipasi serangan Wannacry tersebut.

Wakil Pimpinan BRI Wilayah Palembang, Gde Winata mengatakan, sebagai langkah antisipasi pihaknya telah melakukan pengamanan ekstra kepada system dan perangkat yang dimiliki

Dia mengatakan, BRI sendiri pada dasarnya rutin melakukan control atas kemanan system yang dimiliki secara berkala. Selain itu, ada juga tim khusus dari pusat yang menguji keamanan system dan data base BRI terhadap serangan virus.

‘Selain itu, sebagian besar juga perangkat computer kita juga terhubung dengan system (LAN). Jadi tidak semuanya terkoneksi dengan internet,” katanya.

Selain itu, langkah antisiapsi yang telah dilakukan yakni menghimbau kepada setiap karyawan untuk mewaspadai serangan ini dengan membatasi akses internet.

‘Yang pasti kita akan berupaya semaksimal mungkin agar layanan kepada nasabah tidak terganggu,” katanya.

Hal serupa juga dilakukan PT Bank Negara Indoensia (persero) Tbk Kantor Wilayah Palembang.

“Alhamdulillah sampai saat ini tidak satupun ada laporan mengenai gangguan virus wannacry tersebut,” kata Pemimpin BNI Wilayah Palembang, Afien Yuni Yahya.

Sejauh ini, command centre BNI juga terus melakukan pemantauan selama 24 jam penuh. Terlebih, kantor pusat juga telah mengingatkan untuk berhati-hati dan melaksanakan langkah-langkah dalam mengantisipasi virus tersebut.

Editor : mahardika

No related post!

Tinggalkan pesan