Disdik Sumsel : Akhir Mei Gaji Guru Honor Akan Cair


KORDANEWS – Honor guru SMA/SMK Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan di Palembang tengah jadi perbincang. Oleh karena itu, inas Pendidikan Sumsel memastikan pada akhir Mei mendatang akan segera menyelesaikannya pencairan.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Drs Widodo MPd, selasa (23/05/2017) kepada para media menyampaikan data awal Dinas Pendidikan Sumsel ada sebanayak 705 guru honor SMA/SMK , yang kemudian setelah diverifikasi hanya ada sebanyak 682 guru honor saja yang memenuhi persyaratan akan dicairkan gajinya.

“Ada 682 guru honor SMA/SMK saja akhir Mei nanti yang akan dicairkan gajinya selama lima bulan yang sempat terkendala pasca peralihan SMA/SMK ke Provinsi,” jelasnya.

Lebih lanjut Widodo mengungkapkan, selama proses verifikasi dilaksanakan, pihaknya banyak menemukan adanya guru honor SMA/SMK yang fiktif dan tidak memenuhi persyaratan untuk dicairkan gajinya.

“Contohnya di Muara Enim di data awal ada 10 guru honor SMA/SMK yang ada SK Bupati, tetapi setelah kami kroscek tidak ada guru-nya yang hanya ada SK saja,” bebernya.

Temuan lain, lanjut Widodo pihaknya juga menemukan ada guru honor yang tidak linier dari latar belakang pendidikan. “Misalnya saja ada guru yang latar belakang pendidikannya pendidikan Agama tetapi mengajar PPKN tentu ini akan kami kaji lagi,” terangnya.

Widodo menambahkan, bagi guru yang tidak memiliki SK Kepala Daerah pihaknya akan menegaskan kepada pihak sekolah untuk membayar gaji guru honor tersebut menggunakan dana BOS dan PSG.

“Ini tidak bertentangan dengan aturan, kami harap sekolah tetap mencairkan gaji guru honor sekolah masing-masing,” katanya.

Terkait adanya isu akan ada ancaman eksodus guru SMA/SMK ke SMP, Widodo membantah hal tersebut, menurutnya hal tersebut tidak benar. “Kalau hanya satu atau dua guru saja yang pindah itu tidak bisa dikatakan eksodus,” tegasnya.

editor : awan

No related post!

Tinggalkan pesan