Kapolda: Sipir Bisa Dipidana Bila Ada Unsur Kesengajaan

15564 Views

KORDANEWS – Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto menegaskan, pihaknya telah mengerahkan anggota untuk mengejar para narapidana yang melarikan diri dari Rutan Klas 1 Pakjo Palembang, Jumat (26/5) dini hari.

“Saya sudah perintahkan Kapolresta untuk menyelidiki sipir rutan tersebut perihal penyebab melarikan dirinya para narapidana,” ujarnya.

Agung berujar, apabila ada unsur kesengajaan yang menyebabkan larinya narapidana tersebut, para sipir yang menjaga rutan bisa dikenakan pidana. Namun apabila hasil penyelidikan ada unsur kelalaian, para sipir hanya akan dikenakan sanksi administrasi dan diserahkan kepada Kemenkum HAM.

“Dari 17 yang melarikan diri, delapan sudah ditangkap dan sembilan masih dikejar. Napi yang kabur merupakan narapidana kasus narkoba yang seluruhnya ditangani oleh Polresta Palembang,” kata Agung.

Dirinya pun menjelaskan, tiga hari pasca ratusan napi yang melarikan diri di Pekanbaru, dirinya pun segera mengumpulkan seluruh Kepala Lapas di Sumsel untuk memperketat penjagaan di Lapas dan Rutan.

“Saya ingatkan Kapalas untuk selalu mengecek CCTV, penerangan bila ada yang kurang dilengkapi, sistem memberi makanan hingga teknis lainnya saya ingatkan. Polisi siap membantu apabila ada apapun,” ujarnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: