Ini Bahaya Minum Kopi saat Berbuka Puasa


KORDANEWS – Tubuh kita terdiri dari 60 sampai 70 persen air. Ketika berpuasa, cairan tubuh dapat berkurang, sehingga mempengaruhi sel dan saraf tubuh.

Cairan tubuh dapat berkurang cepat ketika beraktivitas di luar ruangan. Cairan tubuh akan keluar melalui keringat yang mengucur deras.Selain itu, cairan tubuh juga bisa hilang ketika kita buang air kecil. Untuk yang satu ini, minuman tertentu bisa menyebabkan Anda sering buang air kecil, termasuk setelah berbuka puasa.

Ketika berbuka puasa, tubuh membutuhkan cairan yang telah hilang ketika seharian berpuasa. Jadi, Anda perlu menghindari minuman yang dapat membuat Anda kehilangan cairan tubuh, salah satunya kopi.

Hindari kopi ketika berbuka puasa

Hindari terlalu banyak minum kopi dan teh, karena kafein menyebabkan hilangnya cairan tubuh, di mana itu akan meningkatkan rasa haus.

Selain itu, minuman bergula seperti kopi dicerna dengan sangat cepat. Hal ini bisa membuat Anda merasa lapar lebih cepat dari yang Anda harapkan.

Dikutip dari Emirates247, minum kopi setelah beberapa saat berbuka puasa juga tidak dianjurkan karena mengencerkan asam lambung. Selain itu, minum kopi saat berbuka puasa juga dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

Hindari minuman bersoda

Setelah berbuka puasa, tahan godaan untuk menyerbu minuman cola dan soda. Usahakan menghindari minuman soda di bulan Ramadan, baik sahur dan berbuka puasa, karena menyebabkan masalah pencernaan dan kembung, serta menurunkan kualitas pencernaan.

Hindari kafein 4 jam dari waktu tidur

Dikutip dari Almadinainstitute, minum kopi ketika berbuka puasa mungkin membuat Anda tidak bisa tidur setelah salat tarawih. Kalau sudah begitu, Anda kemungkinan besar terlambat untuk bangun sahur. Jadi, hindari minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein setidaknya 4 sampai 6 jam sebelum waktu tidur. Karena bertindak sebagai stimulan dan mengganggu kemampuan untuk tertidur.

 

 

Editor : Yokhe Odank

No related post!

Tinggalkan pesan