Pentingnya Menjaga Pola Makan Saat Berbuka Puasa


KORDANEWS – Menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Namun dalam ibadah puasa ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar puasa dapat berjalan lancar hingga saat berbuka puasa.

Menurut Dr Hj Erli Yani MKes puasa sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan seseorang. Namun, dengan catatan, selama puasa kita harus menerapkan pola makan sehat dan hidup teratur. Konsumsi makanan dan minuman harus diperhatikan baik saat berbuka maupun saat sahur.

Seperti saat berbuka sebaiknya diawali dengan makanan yang manis seperti kurma. Sebab kurma merupakan sumber yang sangat penting untuk mengembalikan energi kita setelah berpuasa seharian.

“Disamping itu kurma kaya akan serat dan dapat mengatur pencernaan. Termasuk kaya magnesium dan kalium,” ujarnya.

Kemudian perbanyak minum air putih juga perlu dilakukan. Karena saat berpuasa tingkat dehidrasi akan lebih tinggi dibanding dengan hari-hari biasa. Lalu untuk mencegah kehausan saat berpuasa, kita harus menghindari beberapa jenis makanan saat sahur, diantaranya adalah makanan asin, makanan cepat saji, pedas, dan acar. Karena jenis makanan tersebut dapat meningkatkan dahaga saat berpuasa.

Disamping itu, saat berbuka untuk menghindari sakit perut saat berbuka, kita harus membiasakan berbuka secara perlahan, mulai dari minum air putih, diikuti makan sup dan buah, kemudian menginjak makanan utama. Lakukan proses itu dengan waktu berjarak agar perut siap untuk mencerna makanan.

“Jauhi makanan yang mengandung minyak dan lemak. Termasuk dengan makanan asin, pedas membuat kita lebih sering haus saat puasa di hari berikutnya. Saat berbuka, lebih disarankan untuk mengkonsumsi makanan kaya protein, susu, telur, dan lain sebagainya. Hal ini penting bagi pertumbuhan sel tubuh kita,” jelasnya.

editor : mahardika

No related post!

Tinggalkan pesan