Home Ekonomi Lonjakan Permintaan, JNE Tambah Kendaraan Operasional

Lonjakan Permintaan, JNE Tambah Kendaraan Operasional

KORDANEWS – Order jasa pengiriman ekspedisi melonjak memasuki bulan Ramdhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Kondisi ini membuat kegiatan pebisnis logistik mengalami lonjakan.

Misalnya PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) cabang Palembang. Perusahaan ini mengklaim alami lonjakan pengiriman barang hingga 10 persen ketimbang hari biasa.

“Tahun ini kita prediksi akan mengalami peningkatan hingga 100 persen mendekati lebaran nanti, kalau awal puasa sudah mengalami kenaikan sekitar 10 persen,” kata Branch Manager Palembang JNE, M Daud, kemarin.

Salah satu faktor yang membuat lonjakan pengiriman barang pada awal puasa, diluar kiriman makanan, namun adanya momen jelang Lebaran maka barang yang dikirim nantinya lebih ke makanan.

“Misalnya ada yang mengirimkan hadiah Lebaran ke keluarga karena tidak bisa mudik, dan jika mendekati lebaran biasanya makanan,” katanya.

Faktor lain yang tidak kalah berpengaruh adalah keberadaan situs belanja yang makin marak. Lantaran ada konsumen yang berbelanja Lebaran lewat situs belanja. Malah, euforia e-commerce ini membuat JNE sampai harus mengirimkan barang hingga ke seluruh Indonesia. “Tahun ini lebih terasa kenaikannya,” katanya.

Ia memprediksikan, total jumlah angkutan JNE ini bakal terus bertambah khususnya pada H-5 sampai H+6 Lebaran nanti. Setelah periode Lebaran, barulah pengiriman barang berangsur-angsur turun dan kembali ke titik normal. Dimana, sebagian besar permintaan angkutan memakai jasa pesawat terbang.

“Tahun lalu lonjakan terjadi pada H-10 hingga H-3, yang bisa 100 persen untuk Sumsel, dan nasional bisa mencapai 20 persen. Tahun ini kita prediksi tidak jauh berbeda,” katanya.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here