Home Headline 22 Personil Polri Disebar Hadapi Arus Mudik-Balik Lebaran

22 Personil Polri Disebar Hadapi Arus Mudik-Balik Lebaran

KORDANEWS- Polri mengantisipasi kemacetan saat mudik dengan mengerahkan personel di sejumlah lokasi rawan macet. Polisi ikut mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan parah.

“Jadi setiap titik-titik exit tol kemudian jalan arteri tertentu dilakukan pemeriksaan. Di situ kerja sama dengan hubdar dan kepolisian kemudian pemda setempat agar titik-titik kemacetan jangan terulang lagi,” kata Kabiro Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto kepada wartawan di XXI Ballroom, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (10/6/2017).

Selain pengaturan lalu lintas, polisi bersama personel Kemenhub juga mengantisipasi pasar tumpah yang membuat kemacetan. Koordinasi dilakukan dengan pemda setempat.

“Sementara yang besar (titik kemacetan) tentu di Brexit, Pemalang, Cirebon, kemudian di daerah Pantura, kemudian di Cikopo. Karena kalau beberapa tahun lalu kemacetan kebanyakan di Cikampek kemudian di Tol Kanci. Tolnya lebih panjang di Brebes dan Pemalang. Titik-titik ini kita waspadai semua,” sambung Rikwanto.

Selain itu personel Polri juga ikut membantu para pemudik yang membutuhkan bensin saat terjebak kemacetan. Bekerja sama dengan Pertamina, personel Polri akan membantu suplai BBM ke pengendara.

“Kami akan mobile di jalan tol apabila ada masyarakat butuh BBM. Kami gunakan sepeda motor. Polda dan Polres menyiapkan sarana untuk mengerjakan itu,” sambungnya.

Sementara itu pada Lebaran, Polri berencana mengerahkan 22 ribu personel pengamanan.

editor :ardi

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here