Sejuta Rumah Lamban, Ini Kata Perbankan


KORDANEWS – Muhammad Taher selaku Divisi Bisnis Manager Bank BTN Cabang Palembang mengaku jika banyak terjadi miss komunikasi antara perbankan dan pengembang.

Namun, itu tidak terjadi pada semua prosedur, hanya ada kasus per kasus. Dan biasa itu terjadi antara personil perbankan dan mitra.

“Kita sudah mempunyai standar SOP yang memang harus dilaksanakan. Dimana yang sifatnya mandotari tidak boleh, dilanggar dan itu menjadi aturan baku,” jelasnya.

Miss komunikasi yang biasa terjadi dilapangan hanya pada persoalan aturan. Salah satu contohnya adalah terkait perizinan, dimana maslaha siteplan sering terjadi persoalan.

Berdasarkan aturan, dari pihak bank membutuhkan legalitas atau pengesahan dari pihak terkait seperti Dinas Tata Kota yang berwenang untuk mengeluarkan itu.

“Intinya memang komunikasi dan prosedur yang jelas. Karena yang berkaitan dengan proyek pembangunan harus sesuai aturan, seperti masalah siteplan, dimana pengembang tidak bisa membuat dari versi mereka sendiri imbuhnya.

Ke depan BTN akan membuat metode-metode terkait mempersingkat prosedur yang lebih simpel. Karena memang dukungan program satu juta rumah ini terkendala oleh beberapa hal.

“Kita akan cari metode untuk mendukung program ini, termasuk masalah lahan yang tidka bisa kita buat sendiri. Karena memanf maslaah ini sering kami timbul karena keterbatasan dan harga,” tandasnya

editor : mahardika

No related post!

Tinggalkan pesan