Home Ekonomi Tukar Uang Kecil di BKB Maksimal Rp 3,8 Juta

Tukar Uang Kecil di BKB Maksimal Rp 3,8 Juta

KORDANEWS – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Selatan bekerjasama dengan sejumlah perbankan menyiapkan counter penukaran uang pecahan kecil di palza Benteng Kuto Besak (BKB). Senin (12/6)

Deputi Direktur Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumsel, Hari Widodo mengatakan, dengan adanya kegiatan penukaran ini, maka masyarakat dapat lebih mudah memperoleh layanan dari perbankan khususnya mendapatkan uang pecahan kecil dalam rangka menyambuh hari Raya Idul Fitri 1438 H.

“Secara total dalam kegiatan ini disiapkan sekitar Rp 2 miliar per hari. Artinya dari tujuh bank yang ada rata-rata menyiapkan sekitar Rp 300 juta. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua pekan dari Senin-Kamis,” katanya.

Menurutnya, pada momen seperti saat ini permintaan akan uang pecahan kecil mengalami peningkatan dari biasanya. Olah karena itu, kegiatan yang dilaksanakan ini sekaligus sesuai misi BI yang tertuang dalan UU no 7 tahun 2011, yakni BI harus menyediakan uang kartal dalam jumlah yang cukup, denominasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan dalam kondisi layak edar.

“Dengan demikian kesempatan masyarakat untuk menukar uang lusuh untuk mendapatkan uang baru sangat besar kesempatanya,” katanya.

Sementara itu, masing-masing penukaran dibatasi dengan besaran Rp 3,8 juta rupiah. Tujuannya agar setiap masyarakat dapat terbagi rata dan mencegah dimanfaatkan calo-calo penukar uang.

“Jenis uang yang dihadirkan juga lebih diutamakan uang emisi tahun 2016,” katanya. Hal tersebut ditujukan seiring dengan upaya Bank Indoensia dalam terus memperkenalkan uang emisi pecahan tahun 2016 ke masyarakat.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here