Stok Uang Menipis, BI Pasok Tambahan Rp 1,8 Triliun

14309 Views

KORDANEWS – Bank Indonesia mencatat penarikan uang kartal yang telah keluar dari kas Bank Indonesia mencapai sekitar Rp 4 triliun, atau sudah lebih dari separuh dari stok uang yang disediakan bank sentral tersebut sebesar Rp 6,7 triliun.

“Persediaan stok uang kartal yang semakin menipis, kami pun meminta penambahan stok kembali sekitar Rp 1,8 triliun,” kata Deputi Direktur Pengelolaan Uang Rupiah (PUR) Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Selatan, M Seto Pranoto, kemarin.

Dengan penambahan ini artinya total stok uang kartal yang disediakan BI pada momen Ramadan dan Lebaran tahun ini mencapai sekitar Rp 8,5 triliun. Artinya, lebih besar dari stok yang disediakan pada momen yang sama tahun lalu sekitar Rp 7 triliun.

“Saat ini uang tambahan tersebut dalam proses pengiriman menuju Palembang. Proses pengirimanya menggunakan kontainer melalui jalur laut, dan dikawal ketat oleh aparat kepolisian,” katanya, diharapkan dalam waktu dekat akan segera tiba.

Uang kartal tambahan sebesar Rp 1,8 triliun tersebut terdiri dari pecahan besar dan kecil. Seluruhnya merupakan uang rupiah baru tahun emisi 2016. Dengan demikian, pihaknya memprediksi stok uang yang disediakan dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama momen hari besar keagaman ini.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: