Mudik Lewat Tol Palindra Gratis!

12658 Views

KORDANEWS – Tahun ini, pemudik di wilayah Sumatera bisa menjajal sebagian ruas tol Trans Sumatera. Jalan Tol Trans Sumatera yang dapat dilalui oleh pemudik secara fungsional alias belum dikenakan biaya.

Tol-tol tersebut di antaranya adalah sebagian ruas tol, Bakauheni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya serta ruas Medan-Binjai.

Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol Hutama Karya Karya Rizal Sutijpto mengatakan, jalur-jalur tersebut sudah dapat dilalui oleh masyarakat pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini serta belum dikenakan tarif.

“Ruas jalan Tol akan dibuka pada H-10 sebelum lebaran hingga H+10 setalah lebaran. Kondisi jalur tersebut masih bersifat fungsional,” ucapnya.

Namun untuk fasilitas seperti marka atau petunjuk, penerangan, pengamanan masih terbatas. Walaupun demikian, PT Hutama Karya (Persero) telah menyiapkan kendaraan Operasional, Rescue, Derek, Ambulance dan PJR (Patroli Jalan Raya) untuk menjaga keamanan dan kelancaran para pemudik dalam berkendara.

“Kondisinya sekarang telah relatif sudah selesai perlengkapan rambu-rambu, walaupun begitu seksi satu sudah siap dibuka dengan kondisi siap 100 persen, kita juga. Harapannya bisa meringankan kepadatan jalan nasional
Seksi satu ini dimanfaatkan untuk alternatif sehingga beban jalan nasional palindra terbagi,” katanya.

Berdasarkan data dari Hutama Karya, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 2 Jalur Fungsional mencapai progress total sebesar 97,52% dengan rincian main road sudah 100% dan akses 90,6%

Paket 2 Segmen Lematang hingga Kotabaru sepanjang 5 km bisa dilalui pemudik secara Fungsional H-10 lebaran nanti. Sedangkan untuk ruas Palembang-Indralaya Seksi 1 Jalur Fungsional mencapai progres total sebesar 88,75% dengan rincian main road sudah 98% dan akses sudah 87,84%.

Seksi 1 yang menyambungkan Palembang dan Pemulutan bisa dilalui secara fungsional sepanjang 7 km. Ruas Medan-Binjai Seksi 2 dan 3 yang menyambungkan Helvetia hingga Binjai sepanjang 10 km bisa dilalui fungsional untuk mudik dengan rincian akses Helvetia-Semayang sepanjang 6 km dan akses Semayang-Binjai sepanjang 4 km. Jalur fungsional seksi 2 mencapai progres total sebesar 95,58% dan seksi 3 telah mencapai progres 99,36%.

Lebih lanjut, ia mengharapkan dengan ini aset negara yang dimiliki oleh Provinsi Sumsel agar semua lapisan masyarakat menjaga aset ini dari tindakan perusakan dari orang-orang yang tidak berkepentingan.

“Untut itu kami harapkan agar semua sama-sama menjaga jangan sampai ada tindakan yang kurang baik terhadap aset negara ini seperti coret-coret perusakan dan pencurian. Semaksimal mungkin dimanfaatkan bagi masyarakat Palembang dan melancarkan perjalanan masyarakat,” ujarnya.

Editor: Janu

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: