Home Headline 30 Meter Jalan di Tol Palindra Amblas

30 Meter Jalan di Tol Palindra Amblas

KORDANEWS – Tol Palembang-Indralaya (Palindra) yang rencananya dipakai untuk jalur mudik Lebaran amblas sepanjang 30 meter. Dasar tanah yang merupakan rawa diduga menjadi pemicu amblasnya Tol Palindra.

Dilansir merdeka.com,penurunan tanah itu terjadi pada Sabtu (17/6) siang. Lantaran dianggap menganggap mengancam keselamatan pengendara membuat rencana pembukaan Tol Palindra untuk mudik Lebaran awal pekan depan terancam batal.

Manajer Proyek PT Hutama Karya (HK) Divisi Jalan Tol Palindra, Hasan Turcahyo mengatakan, lokasi jalan yang amblas berada di sesi satu, Palembang-Pemulutan. Menurut dia, konstruksi bangunan tidak menggunakan sistem vakum dan hanya menanamkan vertikal drill sedalam 16 meter sampai 18 meter.

“Ada jalan tol yang amblas, panjangnya 30 meter di ruas sesi satu,” ungkap Hasan, Sabtu (17/6) malam.

Menurut dia, perbaikan diperkirakan memerlukan waktu seminggu berupa melapisi jalan dengan material keras. Namun pihaknya akan berupaya konstruksi lebih cepat agar bisa dilalui.

“Akan diupayakan memperbaiki secepat mungkin. Untuk sekarang akan dievaluasi dulu apakah berbahaya atau tidak jika dilintasi,” ujarnya.

Sementara itu, staf Geodesi Tol Palindra, M Anshar mengaku tak menyangka amblasnya jalan tol tersebut. Menurut dia, penyebabnya lantaran anomali tanah yang turun secara tiba-tiba.

“Bagian yang rusak memang tidak pakai vakum karena banyak kabel, pipa gas, dan minyak,” pungkasnya.

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here