Hadapi Arus Mudik, KAI Tambah Gerbong

13119 Views

KORDANEWS –PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Sumatera Selatan telah menambah tiga unit rangkaian gerbong untuk mengantisipasi lonjakan penumpang mudik lebaran tahun ini.

Manager Humas PT KAI Divre III, Aida Suryanti mengatakan, pihaknya telah melakukan penambahan tiga gerbong kereta yang diperuntukkan masing-masing satu gerbong kelas Ekonomi dengan kapasitas penumpang 66 orang, satu gerbong kelas bisnis kapasitas 64 orang dan satu gerbong eksekutif kapasitas 50 orang.

“Gerbongnya sudah kita tambah dan tiket yang sudah habis sudah termasuk tiket penambahan gerbong,” katanya, kemarin

Sementara jumlah penumpang kereta untuk arus mudik tahun ini mengalami peningkatan yang diperkirakan mencapai 20 persen dari tahun sebelumnya. PT KAI Divre III menyediakan 72.954 tempat duduk, dengan 2.702 tempat duduk perharinya untuk relasi Kertapati-Tanjungkarang, Kertapati-Lubuklinggau pulang pergi (PP) dan semua kelas.

“Kereta kelas ekonomi masih menjadi favorit masyarakat karena dengan harga terjangkau, penumpang merasa nyaman dilengkapi fasilitas ac, tidak ada penumpang yang merokok di dalam kereta dan kemudahan dalam membeli tiket,” katanya.

Mengenai lonjakan penumpang, menurut Aida, diprediksi dimulai pada tiga hari menjelang (H-3) lebaran di setiap jurusan, karena berbarengan dengan cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah.

“Tidak ada kenaikan harga tiket karena untuk tarif kelas eksekutif dan bisnis PT KA memberlakukan tarif batas bawah dan tarif batas atas, sedangkan kereta ekonomi tetap mengacu skema PSO dari pemerintah,” katanya.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: