PT KAI Siagakan AMUS di Titik Rawan Bencana

13413 Views

KORDANEWS – Untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan bagi penumpang Kereta Api saat arus mudik dan balik lebaran 2017, PT Kereta Api Indonesia Divre III menyiagakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di sejumlah titik yang rawan bencana longsor, amblas, dan banjir.

Kepala Divisi Regional PT KAI Divre III Palembang Andika Tri P mengatakan, alat ini akan disiagakan selama 24 Jam selama arus mudik lebaran.

Selain itu, PT KAI Divre III Palembang akan menempatkan petugas tambahan pemeriksa jalan rel ekstra, dan petugas flying gang (regu terbang/siaga).

“Demi keyamanan bagi para penumpang kami akan bersiaga selalu dan waspada di setiap titik rawan longsor, dan mereka ini juga yang mengoprasonalkan AMUS”, ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada calon penumpang untuk tidak memakai perhiasan yang mencolok dan membawa barang bawaan yang berlebihan.

“semua itu karena untuk kenyamanan penumpang, ada ketentuan yang harus diperhatikan penumpang, yaitu terkait berat barang bawaan”,jelas dia.

Lebih lanjut, untuk kenyamanan dan keselamatan penumpang ibu hamil yang akan menggunakan jasa KA, pihaknya hanya memperbolehkan para ibu hamil naik KA jarak jauh di rentang usia kehamilan 14-28 minggu. Serta wajib menyertakan surat dari dokter kandungan atau bidan bahwa keadaan ibu dan anak dalam kandungannya tidak ada kelainan.

“Ibu hamil yang akan melakukan perjalanan jarak jauh dengan KA juga wajib didampingi oleh minimal satu orang pendamping”, ungkapnya. (Ab)

Editor: Janu

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: