Usai Bayar Utang, BRMS Dapat Angin Segar

10954 Views

KORDANEWS – Angin segar menghapiri anak perusahaan Bumi Resources, PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) akan membayar utangnya kepada tiga kreditur.

Perinciannya adalah utang Wexler Capital Pte Ltd sebesar US$100 juta, First Financial Company Ltd sebesar US$90 juta dan utang vendor senilai US$40 juta. Sontak, kabar ini menjadi perhatian pelaku pasar, sebab BRMS dinilai masih memiliki kekuatan untuk membangun bisnis disektor pertambangan oil.

Branch Manager Mirae Aset Sekuritas Muhammad Ibnu mengatakan, usai restrukturisasi utang itu, anak usaha dari PT Bumi Resources Tbk (BUMI) ini tinggal menuntaskan sisa utang dari Credit Suisse sekitar US$90 juta.

“Kemungkinan besar BRMS berharap bisa segera berada pada posisi tanpa utang alias zero-debt,” kata dia, kemarin.

Nantinya, utang Credit Suisse akan dilunasi dengan penjualan 51 persen saham anak usahanya, yakni PT Dairi Prima Mineral, kepada China Nonferrous Metal Industry’s Foreign Engineering & Construction Co Ltd (NFC). Nilai transaksi penjualan saham tersebut mencapai US$198,9 juta dan diperkirakan akan selesai pada bulan Juni.

“Setelah penjualan saham berlaku efektif, BRMS masih menjadi pemegang saham Dairi Prima sebesar 29 persen, tetaptak lagi menjadi pemegang saham pengendali,” kata dia.

Menurutnya, ini jelas akan mejadi sentimen positif yang bisa menggairahkan kembali saham BUMI dan entitas anak perusahaan yang saat ini masih tergolong ke dalam saham gorengan.

“Akibat adanya rencana ini, saham BRMS langsung terdongkrak delapan poin ke posisi Rp78 dari sebelumnya mangkrak di posisi 70 per lembat saham. Posisi ini merupakan tertinggi selama satu bulan terakhir, posisitertinggi terakhir yang berhasil dicapai BRMS pada 2 Juni lalu diharga Rp76 per lembar saham,” kata dia.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: