Hamburkan Uang, Jambret Gagal Bawa Kabur Rp30 Juta

85 Views

KORDANEWS – Masyarakat yang tengah beraktivitas di Jalan R Sukamto, tepatnya di depan Palembang Trade Center (PTC) mall dikejutkan dengan uang tunai jutaan rupiah yang berhamburan di tengah jalan, Rabu (21/6).

Uang tersebut ternyata merupakan hasil kejahatan yang sengaja dihamburkan oleh tersangka agar perhatian warga teralihkan dan bisa melarikan diri. Namun sial, salah satu pelaku yakni Nurdiansyah Udin, (25), warga Desa Sukadana Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir diringkus dan babak belur oleh warga.

Di kaki kanannya pun kini bersarang timah panas karena berupaya melawan saat diringkus petugas kepolisian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian bermula saat korban Syah Bandi (44) bersama anaknya Anca (14) baru saja menukarkan uang tunai sebesar Rp30 juta di Bank BTN Jalan Kol H Burlian dan hendak pulang ke rumah.

Sesampainya di Simpang Lampu Merah Jalan Angkatan 66, korban mendengar suara angin bocor. Kedua tersangka yang mengendarai sepeda motor pun di luar berteriak memberitahu korban bahwa ban mobilnya memang bocor.

“Tapi bapak sepertinya sudah punya firasat buruk, bapak bilang biar saja bannya bocor nak jangan kita ganti di pinggir jalan, cari tempat aman dulu,” ujar warga Jalan Ali Gathmir, Lorong Papan RT5/2, Kelurahan 11 Ilir Kecamatan Ilir Timur II, Palembang tersebut saat ditemui di Polsek IT II, Rabu (21/6).

Setelah itu korban pun berkendara menuju area parkir PTC mall dan mengganti ban mobilnya.

Setelah itu korban dan anaknya turun dari mobil dan meletakkan uang di bawah jok penumpang depan. Kemudian korban mengganti ban kiri bagian belakang yang pecah tersebut.

Namun diduga lupa mengunci pintu, pelaku membuka pintu dan mengambil uang yang dibungkus menggunakan kantong plastik tersebut.

“Pas bapak ganti ban, saya ikut menengok ke bawah. Saya lihat ada kaki di dekat mobil dari kolong. Pas saya lihat, ternyata pelaku ngambil uangnya,” tutur Anca.

Anca pun sontak berteriak maling saat melihat pelaku melarikan diri menuju jalan raya, menunggu komplotannya yang sedang menunggu di atas motor.

Namun warga yang mendengar teriakan korban segera bereaksi dengan mengejar pelaku. Takut tertangkap, pelaku berupaya menghamburkan sebagian uang tersebut ke jalan raya dengan maksud mengalihkan perhatian massa yang mengejarkan menjadi mengambil uang tersebut.

Namun langkah pelaku kalah cepat dari warga dan tetap tertangkap. Meski dihakimi massa, Udin tetap berupaya melarikan diri. Petugas kepolisian yang tengah berjaga di Pos Pam Ramadniya PTC Mall pun melepaskan tembakan untuk melumpuhkan pelaku.

Sementara satu pelaku lainnya berhasil melarikan diri menggunakan sepeda motor

Kapolsek Ilir Timur II Palembang, Kompol M Hadiwijaya berujar, pihaknya telah menyita uang tunai senilai Rp.9.136.000 yang masih dipegang pelaku.

“Saat ini tersangka Udin masih kami periksa untuk mengembangkan penyelidikan demi menangkap satu tersangka lainnya,” ujar.

Tersangka Udin mengaku telah mengintai korban sejak keluar dari Bank BTN dengan membawa banyak uang. Kedua pelaku pun mengembosi ban mobil korban untuk melancarkan aksinya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: